Yamaha: Valentino Rossi Belum Pasti Pensiun di Akhir 2020

Yamaha: Valentino Rossi Belum Pasti Pensiun di Akhir 2020

Melalui e-mail yang diterima Redaksi, Yamaha Motor Co., Ltd. menyampaikan kabar bahwa juara dunia sembilan kali Moto GP, Valentino Rossi, akan menjalani musim penuh terakhirnya sebagai pembalap MotoGP Team Yamaha Factory Racing pada tahun 2020.

Tahun ini Rossi memasuki tahun ke-15 bersama Yamaha. Namun, paralel dengan itu, akan dilakukan diskusi bersama untuk memastikan apakah pemegang nomor 46 itu tetap menjadi pembalap aktif di MotoGP pada 2021 atau tidak. Keputusan akan diumumkan pada pertengahan 2020.

Kerangka waktu ini diminta oleh Rossi untuk mengevaluasi apakah dirinya masih kompetitif atau tidak. Legenda hidup berusia 42 tahun itu ingin mengambil keputusan setelah menyelesaikan tujuh atau delapan balapan di tahun 2020.

Jika Rossi memutuskan untuk melanjutkan agenda balap MotoGP pada tahun 2021, Yamaha meyakinkan Rossi tentang ketersediaan motor YZR-M1 khusus pabrikan dan dukungan teknis penuh Yamaha Motor Co., Ltd.

Yang pasti, untuk tahun 2020, Yamaha memberikan dukungan penuh ketika Rossi memasuki tahun ke-25 di grand prix motor, musim ke-21 di kelas utama, dan tahun ke-15 bersama Yamaha.

Lin Jarvis – Direktur Utama, Yamaha Motor Racing:

“Keputusan Valentino untuk menilai daya saingnya pada tahun 2020 sebelum membuat keputusan tentang 2021 adalah sesuatu yang dihormati dan juga sepenuh hati disetujui oleh Yamaha.

Meskipun kami sangat menghormati dan percaya diri pada kemampuan dan kecepatan Valentino untuk musim balap 2020, pada saat yang sama Yamaha juga harus merencanakan masa depan.

Saat ini, dengan enam produsen sepeda motor di kelas MotoGP, talenta muda yang cepat sangat diminati, dan akibatnya pasar pembalap dimulai lebih awal. Jadi, ini sensasi yang aneh untuk memulai musim dengan mengetahui bahwa Vale tidak akan berada di tim pabrikan Yamaha pada tahun 2021.

Tetapi Yamaha akan tetap ada di sana untuk Valentino, apa pun yang ia putuskan untuk masa depan. Jika dia merasa percaya diri dan terus membalap, kami akan memberikan motor YZR-M1 yang berspesifikasi pabrik dan dukungan teknik penuh.

Jika dia memutuskan untuk pensiun, kami akan melanjutkan dan memperluas kolaborasi kami dengan program pelatihan pembalap muda dari VR46 Master Camp. Valentino pun tetap sebagai duta merek Yamaha.

Ngomong-ngomong, itu semua spekulasi. Saat ini kami memiliki musim penuh di depan, dan saya dapat meyakinkan para penggemar bahwa Valentino akan mendapat dukungan 100% dari kami setiap hari, sampai akhirnya suatu hari ia memutuskan untuk menggantungkan baju balapnya!”

Valentino Rossi:

“Karena pasar pembalap untuk 2021 dimulai lebih awal, Yamaha meminta saya di awal tahun untuk membuat keputusan tentang masa depan saya. Konsisten dengan apa yang saya katakan selama musim lalu, saya menegaskan bahwa saya tidak ingin terburu-buru mengambil keputusan dan membutuhkan lebih banyak waktu.

Yamaha telah bertindak benar dan tujuan pertama saya adalah menjadi lebih kompetitif tahun ini. Saya juga ingin melanjutkan karier saya sebagai pembalap MotoGP pada tahun 2021.

Sebelum melakukannya, saya perlu memastikan kemampuan dengan membalap di beberapa sirkuit tahun ini. Saya senang bahwa jika saya memutuskan untuk melanjutkan karier, Yamaha siap mendukung dalam segala hal, bahkan memberi saya motor khusus pabrik dan kontrak pabrik. Pada tes pertama saya akan melakukan yang terbaik bersama tim saya dan siap untuk awal musim 2020.”

Quartararo Masuk Yamaha:

Bursa pembalap tahun 2021 dimulai lebih awal. Pada Rabu 29 Januari 2020, Yamaha mengumumkan penandatanganan kontrak dengan Fabio Quartararo, yang akan berdampingan dengan Maverick Vinales.

Quartararo
Vinales

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *