Test Drive, Ketika New Avanza Tidak Diberi Ampun di Tol Trans Jawa

Test Drive, Ketika New Avanza Tidak Diberi Ampun di Tol Trans Jawa

Luar biasa. Jarum speedometer tak pernah turun dari angka 120 kpj. Bahkan sesekali 160 kpj. Boleh dikatakan, rata-ratanya 140 kpj.

Di dalam test drive ini, New Avanza melesat bagai angin dari Cirebon menuju Semarang via tol, yang merupakan bagian dari tol trans Jawa, pada tanggal 3 Maret 2019.

New Avanza dilarikan oleh seorang jurnalis yang juga pernah aktif balapan di Sentul. Di etape Cirebon–Semarang ini, jurnalis Autoblarr memilih menjadi penumpang di bangku belakang, untuk merasakan kualitas peredaman suspensi dan insulasi kabin.

New Avanza di depan Pagoda Avalokitesvara, Semarang

Hasilnya, walau permukaan jalan tol baru itu masih belum sempurna, bahkan di beberapa bagian banyak lubang yang cukup dalam, guncangan yang dirasakan dari bangku baris kedua tidaklah mengecewakan.

Menghantam lubang sedalam kira-kira 10–15 cm, dalam kecepatan 120–140 kpj, Avanza tetap melesat stabil.

Lubang memang sengaja tidak dihindari, karena manuver menghindari lubang jadi sangat berbahaya dalam kecepatan sekencang itu.

Namun, jangan bayangkan ada suara ‘jledak’ yang keras ketika roda New Avanza melintasi lubang. Suaranya hanya ‘duk’ ringan.

Agaknya kecepatan tinggi telah membuat roda mobil tidak punya waktu untuk jatuh ke dalam lubang. Melainkan seolah melayang dan hanya menyentuh bibir lubang.

Bukan berarti cara di dalam test drive New Avanza ini harus diikuti. Sebab hasilnya bisa berbeda, dan bisa pula berbahaya. Tergantung kondisi mobil, bobot muatan, dan keterampilan mengemudi.

SUSPENSI BARU NEW AVANZA

Kualitas suspensi New Avanza memang mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Menurut Didi Ahadi, ahli teknik dari Toyota Astra Motor (TAM), New Avanza memiliki shockabsorber baru, per baru, dan bushing-bushing baru.

Hal itulah yang menjadi sebab mengapa performa kaki-kaki New Avanza begitu mempesona di dalam test drive ini, walau permukaan tol Cirebon–Semarang masih mengecewakan.

“Suspensinya semakin kokoh dan stabil,” cetus Didi yang mendampingi para jurnalis di dalam test drive ini.

Ada perbaikan insulasi kabin belakang

KABIN SEMAKIN SENYAP

Pengalaman lain yang dirasakan saat melakukan test drive New Avanza di tol trans Jawa adalah performa mesin yang juga semakin memukau.

Selain cekatan, mesin juga terasa lebih halus. Hal ini berkat peningkatan pada sensor oksigen dan tuning mesin, terkait kategori emisi Euro4.

Kehalusan suara dan getaran mesin juga didukung peningkatan kekedapan kabin, sehingga suasana kabin semakin nyaman.

“Sebelumnya pengujian kekedapan kabin yang kami lakukan memperlihatkan 49 db, namun kini menjadi 47 db,” ujar Didi.

Kekedapan kabin yang meningkat itu berkat adanya perbaikan insulasi kabin, termasuk perbaikan insulasi di dek bawah bagian belakang, dekat lokasi penyimpanan ban cadangan.

Dan memang itulah yang kami rasakan ketika New Avanza melesat di jalan beton kasar tol Cirebon– Semarang. Penumpang belakang tidak merasa terganggu dengan kebisingan yang biasanya datang dari “perkelahian” ban dengan beton atau aspal kasar.

Kesimpulannya, dari kegiatan test drive ini, New Avanza semakin enak dirasakan, baik suspensinya, suasana kabin, maupun mesinnya.

Baca kelanjutan artikel ini: New Avanza, Luar Biasa dari Sesuatu yang Terasa Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *