Termasuk Lukisan Termahal Dunia Rp 364 Miliar Ditemukan Dekat Dapur Nenek

Termasuk Lukisan Termahal Dunia Rp 364 Miliar Ditemukan Dekat Dapur Nenek

Sebuah lukisan tua ditemukan di dapur seorang nenek di Prancis, bulan Juni 2019 lalu. Sempat hanya dianggap barang kurang penting, lukisan karya Cimabue, pelukis Italia abad ke-13, berhasil dilelang seharga 24 juta euro (USD 26,6 juta) pada hari Minggu (27/10/2019).

Acteon Auction House menjual karya bersejarah itu kepada pembeli anonim di dekat Chantilly, utara Paris. Penjualan lukisan itu disebut ‘termahal di dunia untuk karya primitif, atau pra-1500’.

“Ini adalah lukisan yang unik, indah, dan monumental. Cimabue adalah bapak Renaisans,” ujar Le Coent dari Acteon¬† kepada The Associated Press (AP).

Seorang kurator seni melihat lukisan itu pada bulan Juni 2019 ketika memeriksa rumah seorang wanita di Compiegne di Prancis utara dan membawanya ke para ahli lukisan untuk evaluasi. Lukisan itu tergantung di dinding antara dapur dan ruang makan.

Wanita tua itu sekarang akan menerima “mayoritas” dari uang penjualan, kata pihak rumah lelang. “Belum pernah ada lukisan Cimabue yang dijual, sehingga tidak ada referensi sebelumnya tentang berapa harganya,” jelas Le Coent.

Namun akhirnya lukisan yang diberi judul ‘Christ Mocked’ dan berukuran sekitar 24 x 20 cm itu laku hingga sekitar Rp 364 miliar (kurs 1 USD = Rp 14.000).

Pakar seni mengatakan Cimabue, yang mengajar master Italia, Giotto, secara luas dianggap sebagai leluhur dari Renaisans Italia. Dia melepaskan diri dari gaya Bizantium yang populer di Abad Pertengahan dan mulai memasukkan unsur-unsur gerakan dan perspektif yang menjadi ciri lukisan Barat.

(Foto: AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *