Tanya Jawab Soal Pentingnya Sarapan dan Kendali Gula Darah

Tanya Jawab Soal Pentingnya Sarapan dan Kendali Gula Darah

Kelebihan kadar gula di dalam darah bisa memicu beragam penyakit. Kadar gula yang tinggi antara lain dipicu pola makan yang tidak terkendali setiap hari. Bagaimana agar kita mampu mengendalikan pola makan? Ternyata salah satu kuncinya adalah sarapan yang cukup dan sehat. Kunci lainnya adalah bagaimana menjaga rasa lapar dan memilih cemilan yang tepat.

Berikut ini kami sajikan ulasan mengenai pentingnya sarapan dan kendali gula darah dalam bentuk tanya jawab yang disarikan dari berbagai sumber.

Bagaimana cara menjaga rasa lapar ketika saya sedang bekerja?

Kunci untuk memerangi rasa lapar adalah makan sedikit tapi sering –terutama jangan melewatkan sarapan– dan memilih makanan yang rendah gula. Naik turunnya kadar gula darah Anda adalah penyebab rasa lapar dan ingin makan terus. Kita semua tahu bahwa kadar gula yang naik harus turun. Cobalah untuk menyeimbangkan kadar gula darah dengan makan setiap 2-3 jam. Yang dimakan misalnya buah-buahan, produk susu rendah lemak –termasuk yogurt– dan memilih kacang-kacangan serta biji-bijian ketimbang cokelat.

Saya tidak pernah punya waktu untuk sarapan, apakah sarapan itu sebegitu penting?

Omongan yang terdengar seperti nasihat orang tua itu memang benar. Sarapan adalah makanan terpenting setiap hari! Jika Anda sarapan, kemungkinan besar Anda tidak akan sembrono memilih makanan yang baik sepanjang hari (karena rasa lapar sudah terkendali sejak pagi) dan Anda mampu mempertahankan berat badan yang sehat. Jika Anda tidak sanggup melepaskan kesempatan berleha-leha di tempat tidur saat pagi hari, mengapa tidak menyiapkan sarapan Anda malam sebelumnya? Sedangkan bila Anda sanggup memasak di pagi hari, telur –dadar atau orak-arik– adalah salah satu sarapan terbaik. Boleh juga ditambah nasi atau kentang secukupnya. Itu akan membuat Anda merasa kenyang serta punya tenaga yang cukup untuk memulai hari tanpa mudah merasa lapar, sehingga selera Anda terkendali di siang harinya (untuk tetap memilih makan siang yang sehat).

Saya lapar tetapi saya tidak punya waktu untuk makan besar hari ini, apa yang harus saya cemil?

Naluri alami manusia kebanyakan ingin menjamah cemilan manis. Tetapi itu akan membuat Anda ketagihan dan selanjutnya timbul masalah kadar gula darah. Kalau ingin ngemil, cobalah memilih kacang almond, buah berry, alpukat, atau kenari. Buah lain seperti pisang ambon dan pepaya juga cocok. Semuanya merupakan cara terbaik untuk mempertahankan gula darah, mencegah rasa lapar, dan membantu melawan kelelahan.

Pagi saya terlalu penuh sesak untuk menyiapkan makanan sehat dan makanan ringan untuk hari itu. Bagaimana solusinya?

Persiapan adalah kunci menuju gaya hidup yang seimbang dan sehat. Sebaiknya Anda sudah merencanakan menu makan sepekan di muka. Dengan begitu, Anda bisa berbelanja dan memasak makanan sebelumnya. Termasuk sudah membeli cemilan untuk hari-hari ke depan.

Apakah tidak makan setelah jam 7 malam termasuk cara jitu untuk menahan penambahan berat badan?

Entah siapa yang menemukan waktu maksimal makan malam adalah jam 7 malam demi menghindari penambahan berat badan. Bagaimana pun, sudah saatnya mitos itu dihapuskan. Makan apa saja secara berlebihan akan mendorong penambahan berat badan, terlepas dari jam berapa itu dilakukan. Ikuti diet rendah gula dan makan sedikit setiap 2-3 jam. Pilihlah protein, seperti ikan dan sayuran atau ayam panggang plus salad. Hindari tepung atau mie, karena semua itu akan disimpan dalam tubuh sebagai kelebihan berat badan.

Setelah semua itu, tentu saja olah raga yang teratur dan terukur akan membuat kadar gula darah Anda lebih terkendali. Bukan hanya gula darah, penampilan Anda pun akan lebih segar dan bugar dengan olah raga.

(Tulisan di atas hanyalah edukasi dan bukan merupakan saran medis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *