Soal Banjir Awal Januari Kepala BMKG Dwikornita Katakan ‘Ini Baru Awal’

Soal Banjir Awal Januari Kepala BMKG Dwikornita Katakan 'Ini Baru Awal'

Dwikornita Karnawati, Kepala BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) mengatakan bahwa curah hujan di awal Januari 2020 yang menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Indonesia barulah awal dari curah hujan yang akan lebih tinggi lagi.

“Ini baru awal,” ujar Dwikornita, “Kami perkirakan puncak musim hujan akan terjadi pada awal Februari hingga awal Maret.”

“Saat ini intensitas curah hujan berdasarkan pantauan kami masih di kisaran 50 mm hingga 100 mm. Kategorinya masih hujan deras. Nanti kalau sudah mencapai puncak musim hujan, intensitasnya bisa di atas 100 mm. Sedangkan bila terjadi cuaca ekstrem, intensitas curah hujan bisa di atas 150 mm. Inilah yang bisa menyebabkan tanah longsor, banjir bandang, dan bencana lainnya,” ujar Dwikornita dalam dialog pagi dengan Metro TV pada tanggal 1 Januari 2020.

“Menurut pantauan satelit, awan hujan hari ini (1 Januari) menutupi hampir seluruh wilayah Indonesia, dari Aceh sampai Papua,” imbuhnya.

“Peringatan dari kami adalah untuk membuat pemerintah daerah dan badan penanggulangan bencana menjadi lebih waspada,” tutup Dwikornita.

(Foto: wikipedia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *