Seru! Kronologi 20 Tahun Vladimir Putin Memimpin Rusia

Seru! Kronologi 20 Tahun Vladimir Putin Memimpin Rusia

Vladimir Putin diangkat sebagai pejabat presiden pada 31 Desember 1999, oleh presiden saat itu, Boris Yeltsin, yang berhalangan. Sejak saat itulah Putin telah menjabat sebagai presiden atau perdana menteri hingga sekarang, periode yang mencakup 20 tahun.

Berikut adalah beberapa highlights dan kronologi dari 20 tahun kepemimpinan Putin:

9 Agustus 1999 – Selama krisis ekonomi, Presiden Yeltsin menyebut nama kepala keamanan yang kurang dikenal (Vladimir Putin) sebagai perdana menteri kelima dalam waktu kurang dari setahun, dan mempromosikan Putin untuk menggantikannya sebagai presiden. Dalam minggu-minggu berikutnya, pemboman blok apartemen di Rusia menewaskan lebih dari 300 orang. Putin menyalahkan militan Chechnya. Popularitasnya didorong oleh responsnya yang keras, yang diwujudkan dengan pemboman udara di bagian-bagian Chechnya dan serangan untuk merebut kembali provinsi selatan yang memisahkan diri. Beberapa kritikus Kremlin mempertanyakan apakah gerilyawan Chechnya benar-benar berada di belakang pemboman apartemen itu.

31 Desember 1999 – Yeltsin yang sakit mengundurkan diri dan menunjuk Putin sebagai pejabat presiden.

26 Maret 2000 – Putin memenangkan pemilihan presiden pertamanya.

12 Agustus 2000 – Kapal selam bertenaga nuklir Kursk tenggelam ke dasar Laut Barents, menewaskan semua kru (118 orang) setelah terjadi ledakan di dalam kapal.

2002 – Militan Chechnya menyandera lebih dari 800 orang di teater Moskow. Pasukan khusus mengakhiri pengepungan, tetapi pasukan Putin menggunakan gas beracun dalam penyerbuan yang membunuh banyak sandera.

2003 – Taipan minyak Mikhail Khodorkovsky ditangkap dan didakwa melakukan penipuan. Dia kemudian dinyatakan bersalah dan dipenjara dalam kasus yang menurut para pendukungnya adalah hukuman karena campur tangannya dalam politik. Dia baru dibebaskan pada 2013 setelah Putin memaafkannya.

Maret 2004 – Putin memenangkan masa jabatan kedua sebagai presiden dengan lebih dari 70 persen suara setelah harga minyak naik dan meningkatkan standar hidup, sebuah tren yang berlanjut selama empat tahun berikutnya.

September 2004 – Pejuang Islam menyandera lebih dari 1.000 orang di sebuah sekolah di Beslan, Rusia selatan, memicu pengepungan tiga hari yang berakhir dengan baku tembak. Sebanyak 334 sandera tewas, lebih dari setengahnya adalah anak-anak. Beberapa orang tua mengatakan pihak berwenang merusak penanganan pengepungan dan menyalahkan Putin.

Desember 2004 – Putin membatalkan pemilihan langsung untuk gubernur regional, dan mengangkat gubernur yang ditunjuk Putin. Ia mengatakan langkah itu diperlukan untuk menjaga Rusia tetap bersatu.

2005 – Putin menggambarkan keruntuhan Uni Soviet 1991 sebagai “bencana geopolitik terbesar” abad ke-20.

2006 – Jurnalis investigasi Anna Politkovskaya, seorang kritikus pelanggaran hak asasi di Chechnya, dibunuh di Moskow pada hari ulang tahun Putin. Kritikus Kremlin, Alexander Litvinenko meninggal di London pada tahun yang sama setelah diracuni dengan zat radioaktif. Penyelidikan Inggris bertahun-tahun kemudian menyimpulkan bahwa dia dibunuh oleh agen-agen Rusia.

2007 – Putin berpidato di Munich di mana ia menyerang Amerika Serikat, menuduh Washington “menggunakan kekuatan berlebihan dalam hubungan internasional”.

Mei 2008 – Batas konstitusional untuknya menjadi presiden lebih dari dua masa jabatan berturut-turut membuat Putin menjadi perdana menteri setelah sekutunya, Dmitry Medvedev, menjadi presiden.

Putin memegang sabuk hitam judo

Agustus 2008 – Rusia memenangkan perang singkat dengan Georgia. Georgia pun kehilangan kendali atas dua wilayah yang kemudian dikuasai Rusia.

2012 – Putin kembali ke kursi kepresidenan, memenangkan pemilihan dengan lebih dari 60% suara setelah keputusan untuk memperpanjang masa jabatan presiden menjadi enam dari empat tahun. Protes besar anti-Putin terjadi sebelum dan sesudah pemungutan suara, dengan tuduhan kecurangan pemilu.

7-23 Februari, 2014 – Rusia menggelar Olimpiade musim dingin di resor Laut Hitam Sochi.

27 Februari 2014 – Pasukan Rusia mulai mencaplok wilayah Crimea di Ukraina setelah pemrotes Ukraina menggulingkan presiden Ukraina yang didukung Rusia, Viktor Yanukovich. Rusia menggabungkan Crimea pada bulan berikutnya setelah referendum yang dikutuk oleh Barat. Amerika Serikat dan UE melanjutkan sanksi ekonomi terhadap Moskow.

April 2014 – Sebuah pemberontakan separatis pro-Rusia meletus di Ukraina timur yang mengakibatkan konflik, yang masih berlangsung, dan telah menewaskan lebih dari 13.000 orang. Negara-negara Barat menuduh Rusia mendukung pemberontakan. Moskow menyangkal keterlibatan langsung.

30 September 2015 – Rusia melancarkan serangan udara di Suriah dalam intervensi Timur Tengah terbesarnya dalam beberapa dekade, demi kepentingan Presiden Bashar al-Assad yang pro Rusia.

November 2016 – Donald Trump terpilih sebagai presiden Amerika Serikat setelah berjanji untuk meningkatkan hubungan dengan Moskow. Namun, pihak berwenang AS menuduh Rusia mencoba ikut campur dalam pemilihan yang menguntungkan Trump.

4 Maret 2018 – Mantan mata-mata Rusia, Sergei Skripal, dan putrinya diracun di Inggris dengan gas saraf. Mereka bertahan hidup, tetapi seorang wanita yang tinggal di dekatnya meninggal setelah pasangannya membawa pulang racun yang ditemukan dalam botol parfum yang dibuang. Inggris menuduh Rusia, tapi Rusia menyangkal keterlibatan.

19 Maret 2018 – Putin memenangkan pemilihan kembali secara besar-besaran dan merebut mandat untuk tetap menjabat hingga 2024.

Juni / Juli 2018 – Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA (sepakbola pria).

Juli 2019 – Protes pecah di Moskow atas pemilihan pemimpin kota yang oleh oposisi anti-Kremlin dikatakan tidak adil. Protes-protes itu tumbuh menjadi gerakan protes berkelanjutan terbesar di Moskow dalam beberapa tahun, sebelum akhirnya gagal.

Desember 2019 – Putin membanggakan kepemimpinan negaranya dalam senjata hipersonik dan mengatakan negara-negara lain berusaha mengejar ketinggalan.

Mantan agen KGB kelahiran 1952 ini masih gagah 

(Sumber: Reuters)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *