Ryan Lochte, Kisah Haru Atlet Jutaan Dolar yang Sedikit Lagi Miskin

Ryan Lochte, Kisah Haru Atlet Jutaan Dolar yang Sedikit Lagi Miskin

Antara tahun 2004 dan 2016, Ryan Lochte mengumpulkan total 12 medali Olimpiade, menjadikannya salah satu atlet renang paling terkenal di dunia, dan menghasilkan jutaan dolar dalam kurun waktu tersebut.

Namun, atlet kelas dunia itu juga tahu bagaimana rasanya mencapai titik terendah: skandal yang terjadi saat Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, yang mengakibatkan ia kena skorsing 10 bulan dan hilangnya sponsor utamanya.

Dua tahun kemudian, Lochte dicekal untuk berlomba oleh Badan Anti-Doping Amerika Serikat karena menerima infus vitamin B-12 intravena. Selama kena masalah itu, ia kehilangan hampir semua penghasilan.

Belum lama ini Lochte mengisahkan semua itu kepada Alex Rodriguez pada acara Back in the Game besutan CNBC. Rodriguez memang spesialis dalam membantu atlet untuk bangkit kembali setelah reputasi dan keuangan mereka rusak.

Lochte mengatakan dia beralih dari menghasilkan “lebih dari $ 1 juta” setahun menjadi hanya $ 75.000 dari satu sponsor. Ketika Rodriguez bertemu dengannya, dia dan istrinya sudah pindah dari sebuah rumah seluas 4.200 kaki persegi ke sebuah apartemen seluas 1.800 kaki persegi. Lochte memperkirakan dirinya masih punya sekitar $ 20.000 dalam tabungan, meskipun dia mengaku sudah tidak mau lagi melihat rekening banknya dalam dua tahun belakangan.

Atlet renang berpenampilan menarik ini mengakui pengalaman kajatuhannya telah mengajarkan kepadanya bahwa “uang tidak tumbuh di pohon.”

“Kamu harus pintar. Setiap honor yang kamu dapatkan, apakah itu $ 5 atau $ 50.000, kamu harus menyimpannya, tidak peduli apa pun godaannya.”

“Selain itu, tidak peduli berapa banyak Anda membawa pulang uang, yang terpenting adalah menjaga pengeluaran Anda untuk selalu terkendali,” pria berusia 35 tahun itu menambahkan.

“Anda harus menganggarkan pengeluaran Anda. Itu adalah sesuatu yang tidak pernah aku lakukan ketika masih jaya dulu.”

“Aku tidak punya keluarga pada saat itu, dan aku hidup dengan bebas, serta membeli berbagai barang semaunya.”

Kini, berkat bantuan Rodriguez, Lochte telah meningkatkan penghasilannya dengan menerima undangan ceramah dan mengajar di klub renang. Dan yang terpenting, ia menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk masa depan. Dia juga menghilangkan biaya hidup yang tidak perlu, seperti Porsche-nya, yang menghabiskan biaya $ 835 sebulan.

Ayah dua anak itu mengaku bila waktu bisa diputar kembali, maka ia akan memperbaiki semuanya. “Anda tidak akan sendirian sepanjang hidup Anda. Anda akan memiliki keluarga dan itu membutuhkan uang. Memiliki anak memerlukan biaya. Kita ingin menempatkan anak-anak di sekolah yang hebat, kita ingin memiliki rumah yang bagus untuk mereka tumbuh dewasa, dan berbagai kebutuhan lain akan bertambah. Jadi kita harus mulai menabung sejak sekarang.”

Foto: CBS news

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *