Ricky Sen, Pemilik Dokter Mobil yang Ingin Masuk Bursa, Anggap Rezeki itu Peluru

Ricky Sen, Pemilik Dokter Mobil yang Ingin Masuk Bursa, Anggap Rezeki itu Peluru

Pergi ke bengkel merupakan keniscayaan bagi pemilik mobil. Baik itu untuk sekadar perawatan maupun perbaikan kerusakan. Tapi pernahkah Anda temui bengkel yang bersedia mengembalikan uang Anda?

Inilah Dokter Mobil, bengkel spesialis AC, tune up mesin, dan part racing yang namanya sedang banyak dibicarakan. Ricky Sen, sang pemilik, mengatakan bahwa ia benar-benar “takut” pada komplain konsumen.

Boleh dikatakan saat ini Dokter Mobil merupakan bengkel yang ekspansi pembukaan cabangnya berjalan sangat cepat. Dalam beberapa tahun mendatang Ricky Sen menargetkan untuk punya 100 cabang. Bahkan, yang sangat menarik, Dokter Mobil berencana melakukan IPO (initial public offering) atau penawaran saham di lantai bursa segera setelah itu.

Padahal, Ricky Sen tadinya mengaku sempat putus asa di awal-awal dirinya membangun usaha di bidang otomotif.
Ia dan keluarganya sempat makan hanya dengan telur dan kuah saja.

Bagaimana ia bisa bangkit? Dan bagaimana ia melihat karyawan dari attitude-nya?

Simak perbincangan menarik di bawah ini untuk melihat masih banyak lagi kisah serta filosofi hidup pria asal Bengkulu kelahiran tahun 1983 ini yang layak menjadi inspirasi kaum muda masa kini.

Sejak kapan Dokter Mobil berdiri?

Dokter mobil berdiri sejak tahun 2014 di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Bagaimana latar belakangnya bisa timbul ide membuka usaha bengkel ini?

Tahun 2009 saya sudah mempunyai bisnis aksesori mobil, dan di tahun 2010 dibuka toko pertama saya di Kelapa Gading.

Di tahun 2010, toko aksesori mobil peluang bisnisnya sangat bagus sekali, karena pada saat itu mobil yang keluar dari APM (agen pemegang merek, Red) aksesorinya sangat minim. Seperti contohnya Toyota Avanza merilis tipe E, G, dan S, di mana selisih harga di antara tipenya cukup jauh, dan yang berbeda hanyalah aksesori yang didapat di awal pembelian.

Seiring waktu, APM mengeluarkan mobil-mobil baru dengan aksesori yang lengkap. Pada saat itu saya berpikir bagaimana usaha ini bisa survive?

Sampai akhirnya di tahun 2013 saya menjual produk-produk racing seperti filter udara, ignition coil, dan part racing lainnya.

Tetapi pada saat berbagai part itu dipasang di mobil konsumen, mereka merasa tenaganya tidak maksimal.

Setelah dipelajari lebih lanjut, ruang pembakaran mobil mereka sangat kotor. Itulah mengapa walau dipasang part racing, performa mobil mereka tidak maksimal.

Setelah saya pelajari cukup jauh, saya menemukan alat-alat yang bisa membersihkan ruang pembakaran dengan hasil seperti turun mesin. Akhirnya di tahun 2014 Dokter Mobil diperkenalkan ke publik.

Sekarang Dokter Mobil sudah berkembang seperti apa?

Pada bulan Juli 2019, Dokter Mobil sudah mempunyai 9 cabang, dan akan membuka 15 cabang lagi dalam waktu dekat.

Sembilan cabang yang sudah ada itu berlokasi di Kelapa Gading, Cibubur, Serpong, Bekasi, Tomang, Bintaro, Lebak Bulus, Pegangsaan Dua, dan Makassar.

Berapa jumlah karyawan Dokter Mobil saat ini?

Kalau ditanya berapa jumlah karyawan saat ini, jujur saya belum update persisnya. Info terakhir sih di atas 100 orang. Setiap bulan cukup banyak staff baru yang bergabung dengan Dokter Mobil.

Karyawan aset utama

Apa tantangan dan kesulitan dalam membangun Dokter Mobil?

Di awal Dokter Mobil berdiri, masyarakat masih terbiasa dengan jasa perawatan mobil secara tradisional, dan menganggap bahwa tune up dengan mesin hasilnya sama saja.

Masih banyak customer yang berkunjung ke suatu bengkel dan mencari service dengan biaya murah. Akibatnya, hasil yang didapatkan tidak ada bedanya (dengan sebelum ke bengkel). Mobil saat masuk dan saat keluar kondisinya sama saja.

Hal ini pun dirasakan oleh pemilik bengkel tradisional, sehingga mereka berlomba-lomba menjual produk murah dan murah.

Di awal Dokter Mobil berdiri, kami sudah menentukan target market kami, yaitu pemilik mobil yang mengutamakan kualitas. Untuk itu, sampai sekarang Dokter Mobil menjadi satu-satunya bengkel di Indonesia yang berani memberikan garansi uang kembali 100% untuk service AC dan tune up.

Pernahkah mengalami kegagalan? Dan bagaimana cara Anda bangkit?

Di tahun 2009 saya sempat bangkrut di bisnis spare part mobil, karena masih minimnya pengetahuan akan bisnis. Saat itu, semua cashflow saya jadikan barang dan barang itu enggak muter (tidak banyak yang terjual, Red). Akibatnya, bisnisnya tidak jalan dan tutup.

Cara saya untuk bangkit adalah terus menerus berusaha dan konsisten. Sampai akhirnya ketemu peluang bisnis aksesori mobil.

Di tahun 2014, setelah beberapa bulan Dokter Mobil berdiri, saya sempat frustrasi karena omsetnya sangatlah minim, sampai kepikiran untuk menutup lini bisnisnya.

Saya berbulan-bulan hanya makan nasi, kuah, dan telur saja, karena semua keuntungan digunakan untuk membayar hutang dan membesarkan usaha.

Namun akhirnya saya ketemu dengan Pak Lung Lung, dan saya utarakan visi dan misi Dokter Mobil di masa depan.

Beruntung kondisi bisnis lain yang saya jalani di tahun 2014 mengalami peningkatan luar biasa. Akhirnya Pak Lung Lung saya percayai menjadi CEO di Dokter Mobil.

Bagaimana cara Anda mencari karyawan yang bisa diandalkan?

Untuk mencari karyawan yang teladan, sekarang kami melakukan sortir ketat, yaitu mencari orang-orang dengan attitude yang baik.

Seperti halnya mencari admin, teknisi, dan supervisor, pada saat interview mereka kelihatan luar biasa, tetapi setelah masa training dimulai akan kelihatan mana saja yang tahan banting, enggak cengeng, dan selalu mencari solusi akan sebuah masalah.

Umumnya training intensif dilakukan sekitar 6 hari. Bagi yang tidak bertahan, maka akan langsung dikeluarkan.

Salah satu kriteria lain adalah value yang dicari, bukan uang. Jika salah satu alasan mereka bergabung dengan Dokter Mobil adalah uang, maka jika ada yang menawari dengan gaji lebih tinggi maka mereka akan pindah ke tempat kerja yang baru.

Setelah attitude dan value sudah digembleng, maka knowledge dan skill akan ditransfer kepada mereka.

Apa kriteria yang Anda tetapkan untuk sampai memecat seorang karyawan?

Untuk memecat seseorang, kita cukup melihat dari attitude-nya. Apakah dia termasuk orang yang suka menyalahkan keadaan, lingkungan, teman kerja, dan lainnya.

Bersama ketua dan wakil ketua HBBA (Himpunan Bengkel Binaan Astra) Jawa Timur

Pernahkah Anda merasa begitu suka pada seorang karyawan yang bisa diandalkan, sehingga Anda berpikir untuk mempertahankan dia dengan gaji berapa pun?

Pernah, tapi itu sudah lama sekali, mungkin terakhir di tahun 2014.

Tetapi sekarang saya menyadari bahwa semua ada kejodohannya.

Dan ternyata itu benar sekali. Begitu salah seorang kepercayaan saya resign dan saya ikhlas, tidak lama kemudian saya ketemu dengan sosok yang lebih baik lagi.

Jika ada sosok-sosok yang menurut saya kompeten untuk membuat Dokter Mobil lebih maju lagi, maka saya akan mengajaknya untuk melakukan kolaborasi seperti yang saya lakukan dengan Pak Lung Lung.

Saat ini posisi COO diduduki oleh Pak Angky Andang sejak bulan Desember 2018, dan dalam waktu 8 bulan dokter mobil sudah membuka 5 cabang baru.

Pak Angky sangat piawai untuk melakukan sistemasi dan operation. Salah satu hasilnya, Dokter Mobil sudah memiliki ISO.

BOD Dokter Mobil: (merah) Dania Setiabudi, (putih) Lung Lung, dan (abu-abu) Angky Andang

Pernahkah mengalami komplain dari costumer yang sulit diselesaikan?

Komplain dari costumer pernah kami alami, tetapi solusi yang kami berikan adalah money back guarantee (garansi uang kembali, Red).

Meskipun kesalahan itu berasal dari luar tim Dokter Mobil, kami tidak mau menganggap ini adalah masalah yang perlu diperpanjang, karena masih banyak hal yang harus kami kerjakan.

Seperti contohnya costumer melakukan tune up, beberapa hari kemudian dia kembali dan bilang bahwa AC mobilnya menjadi tidak dingin karena di-tune up. Di sini jelas sekali bahwa keduanya tidak ada hubungan sama sekali.

Tetapi kami ikhlas untuk mengembalikan uangnya dan kami yakin sekali bahwa rezeki itu sudah ada yang ngatur.

Rezeki itu ibarat peluru di medan perang, jika memang sudah jatahmu maka tidak akan meleset.

Menurut Anda, harga layanan di Dokter Mobil tergolong murah atau mahal?

Harga di Dokter Mobil menurut saya pribadi sangatlah murah, karena kami menggunakan bahan-bahan terbaik yang didatangkan langsung dari Italia dan Jerman. Kami juga menggunakan mesin-mesin canggih untuk membersihkan ruang mesin dengan tuntas.

Bila seorang customer mengalami problem pada mobilnya, Anda ikut berempati atau lebih melihatnya sebagai peluang profit?

Dokter Mobil hanya mengerjakan tune up, service AC, dan racing part. Jika ada costumer yang mengalami masalah dengan kaki-kaki, transmisi, dan lain lain, kami akan memberikan referensi bengkel-bengkel tetangga, sehingga semua bengkel bisa terus tumbuh dan solid.

Dua minggu yang lalu tim Dokter Mobil diminta untuk melakukan mentoring ke 40 bengkel di Surabaya. Semua yang kami ajarkan gratis dan kami ingin pembelajaran yang sudah kami lakukan bermanfaat bagi yang lain.

Anda sendiri apakah pernah mengalami permasalahan pada mobil Anda? Dan bagaimana Anda menyelesaikannya, pergi ke bengkel lain atau menunggu mekanik Dokter Mobil?

Problem di semua mobil adalah cairan/ minyak yang menggunakan kualitas rendah. Pada saat ini untuk kondisi AC dan mesin mobil saya tidak pernah bermasalah, karena rutin dilakukan maintenence dan mekanik Dokter Mobil yang mengerjakannya.

Tetapi untuk bagian lain seperti balancing dan spooring saya menggunakan bengkel tetangga.

Apakah usaha Anda sekarang ada hubungannya dengan pendidikan Anda?

Usaha saat ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan latar pendidikan saya.

Saya lulus sarjana Komputer Akutansi di Binus tahun 2005. Sempat bekerja sebagai technical support sampai tahun 2008, dan memutuskan untuk berjualan online di 2008 dengan mempelajari SEO.

Menganggap ilmu lebih penting

Apakah Anda melakukan terobosan pada kinerja dan peralatan Dokter Mobil?

Goal Dokter Mobil dua tahun yang akan datang adalah IPO, sehingga kami melakukan expansi besar-besaran di tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan membuka 100 cabang di seluruh Indonesia.

Apa yang kami pelajari sampai sekarang adalah belajar terus-menerus tanpa kenal lelah untuk mencintai proses.

Dokter Mobil dengan unit usahanya 9circle (group dari 9circle international), merupakan distributor tunggal untuk Indonesia. Pada tanggal 18–28 Juli 2019, kami ikut pameran GIIAS di hall 9 dan menampilkan mesin-mesin, tools, dan teknologi canggih lainnya di Indonesia.

Dokter Mobil dikenal jago soal AC. Kalau diberi rating 1 sampai 10, berapa nilai Dokter Mobil di soal AC?

Sebenarnya AC mobil bukanlah hal yang sulit dipelajari, karena yang terpenting adalah kualitas oli kompresor AC.

Banyak bengkel menggunakan oli kompresor yang harganya murah dan brand-nya tidak jelas. Akibatnya suhu dingin lebih lama.

Dan beberapa mobil menggunakan jenis cairan oli kompresor yang berbeda-beda seperti pag46, pag60, pag100, dan pag150. Kami selalu mengikuti petunjuk internasional mengenai jenis oli yang digunakan, termasuk berapa ml pemakaian oli dan berapa gram freon yang digunakan, sehingga hasilnya sama seperti mobil baru.

Untuk rating, saya kasih 9, karena service AC di Dokter Mobil menggunakan mesin dan bisa selesai hanya dalam waktu 1 jam.

Berapa rating untuk tune up di Dokter Mobil?

Ratingnya sama halnya seperti AC mobil, sebab tune up kami menggunakan additif dari Jerman dan Italia. Sedangkan prosesnya menggunakan mesin-mesin canggih dari 9circle. Bisa disurvei di Youtube dengan keyword 9circle machine.

Teknologi “cuci darah” untuk mobil dari Dokter Mobil merupakan pelopor pertama di Indonesia.

Anda ingin menurunkan usaha ini kepada anak, atau berpikir untuk menjualnya suatu saat nanti dan menggunakan uang hasil penjualan Dokter Mobil untuk usaha lain?

Kebetulan anak-anak saat ini masih kecil, jadi kami sepakat bahwa yang harus diturunkan kepada anak-anak adalah ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *