Rahasia Sehat Sampai Tua, Kisah Dokter Masih Praktek Umur 98 Tahun

Rahasia Sehat Sampai Tua, Kisah Dokter Masih Praktek Umur 98 Tahun

Ketika dokter asal Prancis, Christian Chenay, melihat pasien pertamanya pada tahun 1951, penisilin adalah obat yang paling canggih.

Sekarang Chenay berusia 98 tahun, dan masih bekerja. Ia membuka praktek di pinggiran kota Paris dua kali seminggu, di kawasan Chevilly-Larue. Beberapa pasiennya telah dirawat oleh Chenay selama puluhan tahun.

Tanpa punya masalah kesehatan sendiri –ia bahkan tidak mengenakan kacamata selama konsultasi– Chenay bilang pensiun yang terlalu tenang tidak menarik baginya.

“Jika Anda berumur lebih dari 60 tahun, orang lain akan menganggap Anda sebagai orang uzur. Hidup Anda diarahkan untuk main kartu, main bingo di hari berikutnya, lalu keesokannya main sudoku, bahkan hanya menonton televisi sepanjang hari. Padahal, dengan semua rutinitas itu, Anda akan menjadi idiot total. Saya lebih baik menjadi dokter!”

Berasal dari kawasan Angers di Prancis barat, Chenay bekerja sebagai tukang las sebelum menjadi dokter. Ia sempat memenuhi syarat sebagai ahli radiologi, sebelum pindah kembali ke praktik umum.

Cara prakteknya tidak terlihat berteknologi tinggi –ada mesin faks tapi tidak ada komputer di meja kerjanya– toh Chenay mengatakan dia tetap up to date dengan semua perkembangan terbaru melalui jurnal medis online langganannya.

Dia mengatakan perkembangan baru dalam karirnya yang hampir tujuh puluh tahun adalah pasien keliru mendiagnosis diri mereka sendiri via internet, dan kemudian muncul di ruang prakteknya menuntut obat-obatan.

Banyak pasiennya mengatakan mereka kesulitan mendapatkan waktu jumpa dokter di Chevilly-Larue, yang memiliki tiga dokter untuk populasi 19.000 jiwa, sehingga mereka mengantri lebih awal untuk menemui Chenay.

“(Di Prancis) kami memiliki dokter, kami memiliki orang-orang sakit, tetapi untuk menyatukan orang-orang sakit dan dokter benar-benar tidak mudah,” katanya sebagaimana dirilis Reuters.

Presiden Prancis Emmanuel Macron telah menghadapi protes berbulan-bulan dari pekerja rumah sakit yang marah akibat kondisi kerja yang berat dan kurangnya investasi bagi masa depan mereka. Chenay mengatakan dia belum pernah melihat krisis yang lebih buruk di sektor ini.

Usia pensiun rata-rata untuk dokter di Prancis adalah 67 tahun, dan putra Chenay, yang juga berpraktik sebagai dokter, telah berhenti bekerja.

Tapi Chenay tidak ingin berhenti. “Jika Anda duduk dan menonton TV sepanjang hari, Anda mematikan diri Anda dengan cepat, kepala (pikiran) Anda tidak bertahan lama.”

(Foto: Reuters)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *