Presenter TV Kadang Sebut Meteorologi Kadang Metrologi, Apa Bedanya?

Presenter TV Kadang Sebut Meteorologi Kadang Metrologi, Apa Bedanya?

Terkadang kita mendengar presenter televisi (TV) mengucapkan kata ‘metrologi’ saat sedang membawakan acara prakiraan cuaca. “Demikian informasi dari Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika,” ujarnya menyebut sumber prakiraan cuaca yang dibawakannya. Padahal ternyata itu kesalahan yang cukup besar.

Seharusnya, sang presenter menyebut ‘Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika’ agar maknanya tidak melenceng jauh.

Kata ‘metrologi’ dan ‘meteorologi’ memang memiliki makna yang sangat jauh berbeda. Menurut keterangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), metrologi adalah ilmu tentang timbangan, ukuran, dan takaran.

Sedangkan meteorologi adalah ilmu pengetahuan tentang ciri-ciri fisika dan kimia atmosfer (untuk meramalkan keadaan cuaca).

Di setiap negara biasanya ada badan resmi yang mengurusi kedua bidang tersebut. Di Indonesia, ada BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) yang mengurusi berbagai hal tentang informasi cuaca dan iklim. Sosok BMKG yang pernah viral misalnya Sutopo Purwonugroho (alm).

Sedangkan badan yang mengurusi masalah timbangan, ukuran, dan takaran di Indonesia (misalnya terkait akurasi dispenser SPBU, timbangan industri, takaran industri, hingga timbangan di pasar dan supermarket) adalah Komite Standar Nasional untuk Satuan Ukuran (KSNSU) yang berada di bawah LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Bahkan terdapat Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) yang berlokasi di Bandung, dan berada dalam naungan Kementerian Perdagangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *