Ingin Menyampaikan Pencerahan dan Juga Kejutan

Ingin Menyampaikan Pencerahan dan Juga Kejutan

Autoblarr.com adalah web site otomotif asli Indonesia yang dirintis oleh sejumlah wartawan otomotif serta kalangan industri otomotif Indonesia. 

Salah satu dari mereka adalah M. Hasan, alumnus Universitas Indonesia (UI), yang bergelut di dunia kewartawanan otomotif sejak 1997 ketika bergabung dengan Tabloid Otomotif (Kompas-Gramedia).

Dari tabloid ini telah “lulus” belasan jurnalis yang tersebar di banyak media

Sempat “menyimpang sejenak” selama sekitar satu tahun (1999-2000) di sebuah majalah politik, M. Hasan kembali menjadi jurnalis otomotif dengan bergabung ke majalah franchise otomotif pertama di Indonesia, yakni Autocar, pada tahun 2000 hingga 2013.

ILMU MENILAI MOBIL/MOTOR

Menjadi bagian dari keluarga Autocar adalah sebuah masa yang relatif panjang, dan memberi banyak pengalaman serta ilmu yang sangat berharga.

Salah satunya adalah ilmu yang diperoleh dari Autocar Inggris dalam hal ‘bagaimana menilai dan menganalisis mobil serta motor dengan benar’, termasuk ‘bagaimana mengkomparasinya’.

Autocar Inggris, salah satu yang paling kredibel di dunia

Seperti kita ketahui, Autocar Inggris adalah salah satu media yang dianggap paling kredibel di dunia dalam menilai mobil/motor.

Para jurnalis Autocar Inggris (dan juga Autocar lain di seluruh dunia) diarahkan untuk menjadi ‘pemegang otoritas’ ketika menilai suatu produk otomotif.

Dasar pemikirannya adalah ‘para jurnalis otomotif adalah orang-orang yang paling banyak menguji berbagai jenis dan merek mobil/motor dibandingkan pihak mana pun’, sehingga memiliki tanggung jawab kepada publik untuk mampu menilai produk otomotif dan menyampaikan kebenaran tentang produk itu kepada publik.

Dari Autocar juga, M. Hasan mendapat pendidikan tentang media digital, ketika mengikuti kursus pengelolaan editorial media online yang digelar Haymarket (perusahaan penerbit Autocar) di Hong Kong dan Singapura.

Autocar Indonesia, majalah franchise otomotif pertama di Indonesia

SEJUTA INSIGHT

Selepas dari Autocar dengan jabatan terakhir Managing Editor, M. Hasan bergabung dengan majalah Ascomaxx sebagai Chief Editor.

Ascomaxx adalah sebuah majalah asli Indonesia bernuansa mewah yang digagas oleh car enthusiast ternama Indonesia, yakni Stanley Setia Atmadja.

Majalah mewah asli Indonesia

Banyak pelajaran dan pengalaman yang didapat dari Ascomaxx, misalnya bagaimana menghayati passion kepada dunia otomotif adalah bukan cuma perkara mampu atau tidak mampu membeli dan mengoleksi mobil-mobil mewah. Melainkan juga tentang bagaimana menjalani passion itu secara holistik dan memberi inspirasi bagi banyak orang. Stanley Setia Atmadja adalah model paling oke untuk seorang Indonesia yang benar-benar bisa disebut sebagai ‘car enthusiast’. Berbincang dengannya dan menjadi bagian dari timnya bisa dikatakan ‘mendapat sejuta insight’.

Ascomaxx pada 2015 membukukan Rekor MURI untuk test drive terbanyak, 132 mobil dalam sehari

ERA BARU MEDIA MASSA

Kini media cetak telah tiba di penghujung eranya. Media digital akan menjadi media arus utama untuk jangka yang sangat panjang, bahkan mungkin abadi.

Autoblarr mencoba mengambil peran di dalam kancah media digital, khususnya di dunia otomotif. Autoblarr ingin memberi informasi –bahkan kalau bisa memberi pencerahan– kepada masyarakat.

Blarr kami bayangkan sebagai sinar terang yang tiba-tiba muncul dan mencerahkan. Blarr juga kami imajinasikan sebagai kejutan yang menyenangkan di dalam setiap artikel web site ini.

Dengan info yang kami tulis, semoga konsumen otomotif –baik mobil maupun motor– akan mendapat pencerahan terkait produk-produk baru, jual-beli kendaraan, perawatan, penggunaan, gaya hidup, hingga keselamatan berkendara.

Adapun di sisi industri otomotif semoga mendapat jembatan kepada konsumen dari web site ini. Dan tentu saja mendapat masukan serta kritik yang membangun dari jurnalis Autoblarr.

Salam hangat dari cahaya. Blarr!

M. Hasan telah menguji ratusan mobil dan beberapa motor, sepanjang kariernya di dunia jurnalisme otomotif. Pengujian dilakukan di dalam negeri dan juga mancanegara (Eropa, Jepang, China, Korea, Taiwan, dan Asia Tenggara).

Berbagai pengujian itu dilakukan atas undangan manufaktur mobil, maupun pengujian yang bersifat independen atas inisiatif Redaksi. 

Otomotif bukan hanya soal mobil dan motor. Melainkan juga hasrat orang-orang terhadap pengetahuan, wawasan, dan kemampuan yang selalu ingin terdepan. 

KONTAK KAMI

Untuk berhubungan langsung dengan Redaksi, untuk kerja sama advertorial, pemasangan iklan, dan urusan bisnis, silakan berkorespondensi via autoblarr@gmail.com

Kami dengan senang hati akan membantu Anda.


Pemimpin Umum: M. Hasan

Pemimpin Perusahaan: Runi Ciputra

Pemimpin Redaksi: M. Hasan

Wakil Pemimpin Redaksi: Satria R. G.

Editor: Boy Andarias, Andreyanto Henry

Reporter: Muhammad Firdaus, Saeful Bahri

Administrasi & Finance: Merry S.

Alamat Redaksi dan Tata Usaha:

Jl. H. Sulaiman No. 16, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur


Web site ini terbuka untuk investasi, dan juga terbuka untuk mendiskusikan konsep, serta tampilannya. 


 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *