Mengapa Jakarta Akhirnya Resmi Masuk Kalender Balap Formula E 2020

Mengapa Jakarta Akhirnya Resmi Masuk Kalender Balap Formula E 2020

Balap E-Prix Jakarta untuk pertama kalinya akan berlangsung pada 6 Juni 2020. Adu cepat mobil balap bertenaga listrik ini bakal berlangsung di lintasan yang dibangun di dekat Monas.

Otoritas balap Formula E telah menyambangi Jakarta beberapa tahun lalu, yang diwakili mantan CEO Alejandro Agag dan sempat mengatakan  “Jakarta pasti akan jadi tuan rumah untuk musim balap 2018/19”. Namun ternyata balapan Formula E belum juga terjadi di Jakarta.

Motorsport.com melaporkan pada akhir musim balap 2018/19 kembali terjadi negosiasi antara otoritas Formula E dengan pimpinan pemerintah Jakarta di New York, dan sepertinya kini lebih mendekati kenyataan untuk terjadinya event Formula E di ibu kota Indonesia.

Sirkuit jalan raya akan dibentuk di sekitar Monas

Balapan di Jakarta digelar setelah Seoul E-Prix (3 Mei 2020), sedangkan balapan Berlin yang semula dijadwalkan berlangsung pada 30 Mei didorong mundur ke Juni. Adapun lomba di New York akan berlangsung pada 11 Juli, dengan giliran London direncanakan pada 25-26 Juli.

Kalender Formula E 2019/20 yang direvisi akan diputuskan pada pertemuan Federasi Olahraga Bermotor Dunia (FIA) pada awal Oktober 2019. “Menambah balapan lain di Asia dan Indonesia khususnya sangat menarik,” kata kepala kejuaraan Formula E Alberto Longo.

Salah satu alasannya karena pemerintah Indonesia dinilai serius mengembangkan pasar mobil listrik

“Indonesia sudah memiliki kedekatan dengan motorsport karena pernah menjadi tuan rumah balapan kelas dunia di masa lalu (MotoGP dan Rally Dunia), serta memiliki basis penggemar yang sangat aktif dan berkembang,” imbuhnya.

“Selain itu, Indonesia juga merupakan pasar yang potensial untuk kendaraan listrik, dengan peningkatan investasi yang telah dilakukan. Pemerintah Jakarta juga mendorong kampanye membersihkan udara di dalam kota,” ujarnya lagi.

“Formula E ingin berperan dalam perubahan positif itu. Saya tidak sabar untuk menggelar balapan di Jakarta pada 6 Juni tahun depan.”

“Terima kasih kepada Ikatan Motor Indonesia dan pemerintah kota Jakarta untuk mewujudkannya, serta secara kolektif mendukung gerakan mobil listrik yang lebih luas.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *