Memilih Kacamata Mengemudi Terbaik untuk Siang Malam

Memilih Kacamata Mengemudi Terbaik untuk Siang Malam

Perlukah kita menggunakan kacamata mengemudi? Jawabannya adalah PERLU.

Terlebih bila kita mengemudi dalam durasi panjang, seperti saat wisata ke luar kota atau mudik ke kampung halaman.

Cahaya matahari yang silau bisa merusak mata. Tak kalah melelahkannya adalah sorot lampu mobil lain di kegelapan malam.

Semua itu harus dicegah, agar mata tetap sehat dan diri kita pun merasa tenang.

Bagaimana tips memilih kacamata mengemudi terbaik untuk siang maupun malam?

1. BRAND

Pilih brand atau merek yang sudah berpengalaman dan terpercaya, seperti Essilor, Carl Zeiss, Blupond, Duduma, Duco, Soxick, Oakley, Rayban, dan Aviator. Brand terpercaya telah melakukan riset dan pengembangan teknologi lensa maupun frame dengan baik, dan bisa dipertanggungjawabkan.

2. FITUR-FITUR

Pertimbangkan kacamata mengemudi yang bisa dipakai siang dan malam hari sekaligus, namun juga pertimbangkan membeli dua kacamata mengemudi, yakni satu khusus malam dan satu lagi untuk dipakai siang hari saja.

Semakin spesifik kegunaannya, maka kacamata itu semakin baik.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti adanya lapisan anti-reflektif yang mengurangi pantulan yang mendera mata di malam hari dari cahaya silau, seperti lampu depan mobil dan lampu jalan.

Mengurangi silau bisa mencegah Anda merasa “buta sesaat” yang bisa sangat membahayakan.

Perhatikan pula kemampuan kacamata untuk membantu Anda melihat objek dalam pencahayaan rendah. Ini penting untuk menjaga fokus mata yang lebih tajam saat mengemudi malam hari.

Kacamata membuat sinar lampu yang sebelumnya terlihat berpendar menjadi lebih fokus dan kontras (berdasarkan lebar pupil mata Anda sesuai kondisi cahaya yang masuk ke dalam mata).

Kacamata juga selayaknya punya coating atau lapisan di lensa yang dibuat secara khusus, guna menyaring spektrum cahaya tertentu, khususnya jenis cahaya yang datang dari lampu depan mobil. Coating yang baik bisa mengurangi silau hingga 64%.

Kacamata yang Anda pilih juga harus mampu melindungi Anda dari sinar UV dan biru-ungu yang berbahaya, mirip dengan perlindungan kacamata hitam.

Perhatikan pula usia Anda untuk memilih single vision lens (lensa dengan satu titik fokus) atau lensa progresif (lensa dengan multi fokus yaitu tersedia area jauh, menengah, dan baca).

Lebih baik lagi bila terdapat fitur photofusion, yang membuat kacamata Anda berfungsi seperti sunglass di siang hari (lensa berubah warna saat terkena UV matahari), namun akan kembali bening saat masuk ke dalam ruangan dan memberikan penglihatan yang baik di malam hari.

3. KECOCOKAN

Kecocokan kacamata dengan wajah Anda akan menghasilkan rasa puas, dan ini penting untuk ketenangan berkendara. Selain itu, ada rasa percaya diri selama perjalanan.

Mintalah pendapat orang terdekat yang bisa dipercaya, seperti istri, anak, orangtua, atau sahabat terpercaya.

4. KENYAMANAN

Ukuran kacamata yang pas akan membuat Anda merasa nyaman mengenakannya. Bila Anda nyaman, maka fungsi kacamata mengemudi menjadi maksimal.

Hindari memilih kacamata yang terlalu berat, terlalu besar, atau terlalu kecil dibanding ukuran wajah dan kepala Anda.

5. HARGA

Saat ini banyak dijual kacamata mengemudi yang baik namun harganya tidak terlalu mahal (Rp 300-an ribu hingga Rp 1 jutaan). Kita bisa menimbang-nimbang harga sekaligus memilih-milih mereknya dengan membuka situs aplikasi belanja online.

Aplikasi Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan sebagainya menyediakan berbagai merek dan harga kacamata mengemudi.

Kita juga bisa mendatangi langsung optik terpercaya yang memasarkan merek-merek seperti yang disebut di atas (Essilor, Carl Zeiss, Blupond, Duduma, Duco, Soxick, Oakley, Rayban, dan Aviator).

Selamat berkendara tampan dan cantik. Blarr!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *