Masyarakat Mengeluhkan Sulitnya Ujian Praktek SIM Sepeda Motor

Masyarakat Mengeluhkan Sulitnya Ujian Praktek SIM Sepeda Motor

Cerita sulitnya ujian praktek untuk memperoleh SIM sepeda motor sudah lama kita dengar. Namun belakangan ini ramai lagi diperbincangkan di media sosial (Facebook). Di akun Pusat Informasi Probolinggo (Official) tampil sebuah foto arena ujian praktek SIM sepeda motor yang tampak sulit sekali untuk dilintasi (foto di atas). Sulit karena begitu kaki menyentuh aspal, maka peserta dinyatakan tidak lulus.

Ratusan komentar muncul terhadap foto itu. Misalnya:

@Dicky Arie: Tesnya udh kyk dilatih jd freestyle rider. Sebenernya yg perlu ditekankan saat ujian tes untuk mendapatkan SIM adalah atitude saat berkendara di jln, contohnya biasakan ksh sein saat mau berbelok, dan matikan sein klo udh slesai belok. Yg sering terjadi kan jalan lurus tp lampu sein hidup terus. Pada kenyataanya gak ada jln yg seperti itu. Kalopun ada gang sempit ya pasti turun dr motor dituntun.

@Jk Arboys Zakaria: selama 15 tahun naik motor..gk pernah nemuin jalan kyak gitu..

@Fitri: Iy sy test sampe 8x belum lulus2
Mana wira wiri tiap 2 minggu sekali,ninggalin anak pula?

Namun ada pula komentar yang mengatakan bisa lulus sekali coba. Ada juga yang akhirnya lulus setelah lima kali mencoba.

Masalahnya, ujian praktek itu hanya memberi kesempatan satu kali untuk satu pemohon SIM. Untuk bisa mencoba kembali harus menunggu dua pekan kemudian. Dan tentu kembali mengantre seperti sebelumnya.

Koresponden Autoblarr pernah menjalani ujian serupa di Samsat Cibinong, Kabupaten Bogor. Tingkat kesulitannya serupa dengan foto di atas. Namun kebetulan sang koresponden berhasil lulus dalam satu kali kesempatan. Akan halnya peserta lain, sangat jarang yang bisa lulus ujian praktek itu, meski ada pula beberapa yang berhasil.

Di Samsat Cibinong ketika itu, untuk peserta yang memilih menggunakan motor kopling, diberi kesempatan tiga kali mencoba track, sedangkan yang memakai motor matic hanya diberi satu kali kesempatan melintasi track. Motor memakai milik Samsat, bukan pakai motor sendiri.

Satu lagi contoh arena ujian praktek SIM sepeda motor. “Kami bukan mau jadi pemain sirkus Pak…,” ujar akun @Widodo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *