Masuk Kampus UI Semakin Aman karena Pohonnya Diasuransikan

Masuk Kampus UI Semakin Aman karena Pohonnya Diasuransikan

Anda mungkin tidak sering mendengar istilah ‘pohon diasuransikan’. Namun itu terjadi di kampus Universitas Indonesia, baik yang di Depok maupun di Salemba. Ya, setiap pohon yang menimbulkan kerugian bagi manusia maupun properti memberi peluang klaim kerugian.

“Demi meningkatkan kualitas kesehatan, keselamatan kerja, dan lingkungan (K3L) di UI, serta komitmen untuk menciptakan green and safety campus, kami informasikan bahwa seluruh wilayah UI kampus Depok dan Salemba, khususnya yang terdapat interaksi langsung/tidak langsung antara manusia, bangunan gedung dengan pohon telah dilindungi oleh asuransi liability pohon tumbang,” demikian bunyi pengumuman UPT K3L UI di akun Instagram UI.

“Segala kejadian insiden akibat bencana
pohon tumbang yang mengakibatkan
kerusakan aset/properti, cedera, hingga
kematian atau pun kerugian lainnya
di lingkungan sivitas UI, dapat diklaim
dengan prosedur sebagai berikut:
– Membuat Surat Permohonan
(dilampirkan estimasi kerugian dan
kronologis) santunan klaim asuransi dari
pemohon/korban kepada UPT K3L UI.
– Foto kejadian saat peristiwa terjadi di
tempat kejadian.
– Surat keterangan kejadian dari kepolisian setempat.
– Foto kopi KTP dan STNK pemohon.”

Dengan adanya asuransi tersebut, seandainya Anda parkir mobil atau motor di kampus UI dan kebetulan tertimpa pohon tumbang, maka bisa mengajukan klaim ganti rugi.

Bukan hanya properti kendaraan, bila Anda mengalami cidera, atau lebih buruknya kematian, karena tertimpa dahan atau batang pohon di kampus UI, maka ada asuransi kerugian yang bisa Anda atau keluarga Anda lakukan klaim.

Di kampus UI memang terdapat banyak pohon rindang yang membuat suasana kampus terasa adem. UI juga menjadi percontohan green campus, yakni kampus yang memberi sumbangsih bagi pengurangan emisi karbon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *