Korban Tewas Corona 811 Jiwa dan Sudah Lampaui SARS

Korban Tewas Corona 811 Jiwa dan Sudah Lampaui SARS

Keganasan virus Corona Baru belum juga bisa dihentikan. Hingga hari Minggu 9 Februari 2020, jumlah korban tewas di China mencapai 811 jiwa dan itu berarti melampaui jumlah korban wabah SARS di tahun 2002–2003.

Warga China pun gelisah apakah akan tetap diam di rumah meski liburan Tahun Baru Imlek telah berakhir. Pemerintah China menyarankan kalangan pengusaha untuk memberi libur tambahan hingga 10 hari ke depan untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus secara lebih luas. Sementara itu, sekolah tetap diliburkan.

Kabar dari luar China, ada 64 orang yang dikonfirmasi terjangkit virus Corona di sebuah kapal pesiar yang dikarantina di laut Jepang. Sedangkan negara pulau kecil Singapura telah melaporkan 40 orang terjangkit Corona. Walhasil, Singapura ada di antara negara-negara di luar China yang paling terpukul, bersama dengan Jepang yang sudah menderita 61 korban tewas.

Pada hari Jumat, pemerintah Singapura menaikkan tingkat tanggapannya pada Corona menjadi “oranye,” tingkat yang juga diadopsi selama SARS dan wabah influenza H1N1 2009.

Warga Singapura bereaksi dengan memborong beras, mie, dan kertas toilet dari berbagai toko.

Adapun ajang Singapore Air Show 2020 yang akan digelar 11-16 Februari diprediksi hanya akan dikunjungi setengah dari jumlah pengunjung tahun 2018. Pentagon (departemen pertahanan Amerika Serikat) telah mengurangi jumlah delegasinya dan perusahaan-perusahaan pertahanan AS seperti Lockheed Martin Corp dan Raytheon Co mengatakan mereka tidak akan hadir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *