Kim Jong Un Tolak Undangan untuk Bertemu Para Pemimpin ASEAN

Kim Jong Un Tolak Undangan untuk Bertemu Para Pemimpin ASEAN

Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara (Korut), menolak undangan untuk menghadiri pertemuan puncak dengan para pemimpin negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) yang direncanakan di Korea Selatan pekan depan.

Pihak Korea Utara mengatakan itu akan “sia-sia” karena hubungan yang tegang dengan Korea Selatan (Korsel), demikian media pemerintah Korea Utara melaporkan pada hari Kamis (21/11) seperti dikutip Reuters.

Presiden Korsel Moon Jae-in mengirim surat undangan kepada Kim pada 5 November, dengan tawaran digantikan seorang utusan jika Kim tidak dapat berpartisipasi, kata kantor berita resmi Korut, KCNA.

Moon sempat mengatakan Kim mungkin bergabung ketika ia menjamu para pemimpin ASEAN di kota pelabuhan Busan pekan depan, untuk merayakan ulang tahun ke-30 kemitraan dengan ASEAN.

Setelah Kim menolak hadir, kantor Moon mengatakan “sangat menyesal” dan mengatakan Kim akan kehilangan kesempatan bagus untuk menggalang dukungan internasional bagi upaya memupuk perdamaian di semenanjung Korea.

Sambil berterima kasih kepada Korsel atas undangan itu, Korut meminta “pemahaman bahwa kami gagal menemukan alasan yang tepat” bagi Kim untuk berpartisipasi, kata KCNA.

(Foto: Reuters)

Keterangan foto: Kim Jong Un (kiri) berjalan bersama Moon Jae-in pada bulan September 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *