Kapan Ban Motor Harus Diganti? Di Mana Kode Kadaluarsa Ban?

Kapan Ban Motor Harus Diganti? Di Mana Kode Kadaluarsa Ban?

Untuk melindungi diri Anda, bacalah kode tanggal di dinding samping ban motor Anda. Jika Anda memesan ban secara online dan memasangnya sendiri, periksa kode tanggal saat Anda menerima ban. Jika Anda mendatangi toko atau dealer, tanyakan pada mereka tentang kode tanggal. Jika usia ban lebih dari tiga tahun, Anda lebih baik mencari ban lain. Kemungkinan ban itu sudah mendekati masa kadaluarsanya.

Pada sebuah ban memang tidak dicantumkan tanggal kadaluarsanya. Namun tanggal produksi ban bisa menjadi acuan kita untuk mengetahui usia ban itu. Umumnya ban motor bisa dipakai hingga maksimal 6 tahun, dengan banyak catatan, misalnya kondisi karet masih lentur, dinding ban belum pecah-pecah, dan tapak ban masih solid.

Angka kode produksi (paling kanan) memperlihatkan ban dibuat pada pekan ke-20 tahun 2019
Angka kode produksi (paling kanan) memperlihatkan ban dibuat pada pekan ke-10 tahun 2017

Jika Anda membeli ban yang tidak akan segera dipasang, pastikan ban itu tidak berada di bawah sinar matahari langsung, terkena suhu ekstrem, atau terkena residu kimia serta uap. Semua itu bisa membuat ban baru Anda menua sebelum waktunya.

Biasakan untuk mengevaluasi ban di setiap penggantian oli mesin. Dengan cara ini, ban akan terkait dengan jarak tempuh oli mesin Anda.

Hal yang perlu diperiksa: keausan pada ban. Apakah bulatnya masih bagus, apakah masih tebal figur ban itu? Adapun soal tapak, apakah telapaknya rata, apakah masih terlihat seperti karet segar atau mengering dan berubah menjadi abu-abu di usia senja? Apakah lipatan pada tapak menunjukkan tanda-tanda retak atau pecah? Apakah ban terlihat atau terasa rapuh?

Soal dinding samping. Terkadang ban menunjukkan umurnya dengan retakan di dinding samping, jadi awasi baik-baik bagian ini.

Jika Anda pernah mengganti ban Anda sendiri, Anda tahu persis bagaimana ban yang terlalu tua melawan saat Anda melepas dari velgnya, dan bagaimana ban baru yang bagus, terasa jauh lebih lentur saat dilepas.

Karet yang keras telah kehilangan banyak cengkeramannya, dan berusaha terus mamakainya adalah berbahaya. Dari sisi ekonomi pun, itu adalah penghematan palsu. Satu set ban baru akan berharga jauh lebih murah daripada tabrakan. Selain itu, ban baru yang segar terasa sangat enak dipakainya. Blarr!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *