Kabupaten Bogor Barat Mulai Dibentuk Ibu Kotanya Cigudeg

Kabupaten Bogor Barat Mulai Dibentuk Ibu Kotanya Cigudeg

Pemerintah Kabupaten Bogor dan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Bogor pada tanggal 20 Januari 2020 telah menandatangani Surat Persetujuan Bersama untuk mulai membentuk Kabupaten Bogor Barat. Bertindak sebagai penandatangan adalah Ade Yasin (Bupati Bogor) dan Rudy Susmanto (Ketua DPRD).

Hingga tiga tahun ke depan, namanya adalah Kabupaten Persiapan Bogor Barat, demikian menurut salinan Surat Persetujuan Bersama tersebut yang diterima Redaksi.

Wilayah Kabupaten Persiapan Bogor Barat meliputi 14 kecamatan, yakni Dramaga, Tenjolaya, Ciampea, Cibungbulan, Pamijahan, Leuwiliang, Leuwisadeng, Nanggung, Sukajaya, Cigudeg, Jasinga, Tenjo, Parungpanjang, dan Rumpin. Adapun yang digadang sebagai ibu kota adalah Cigudeg.

Langkah yang dilakukan antara lain memberikan dukungan dana dari Kabupaten Bogor sebagai Daerah Induk dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Persiapan Kabupaten Bogor Barat. Besarnya dana tersebut paling kurang sebesar Rp 25 miliar per tahun untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun berturut-turut terhitung sejak Januari 2020.

Langkah berikutnya adalah menyerahkan personel, sarana dan prasarana, serta dokumen yang dibutuhkan oleh daerah persiapan, yaitu: a. Personel Pegawai Negeri Sipil yang diserahkan/dilimpahkan sebanyak
sekitar 3.898 (tiga ribu delapan ratus sembilan puluh delapan) orang, terdiri atas PNS yang saat ini bertugas di Daerah Induk dan PNS yang saat ini bertugas di wilayah calon daerah persiapan; b. Sarana dan prasarana berupa aset Pemerintah Kabupaten Bogor yang berada di Daerah Persiapan Kabupaten Bogor Barat dengan nilai sekitar Rp 49 miliar dalam bentuk tanah, peralatan dan mesin, bangunan dan gedung, jalan dan jaringan irigasi, serta aset tetap lainnya.

Selama ini, Kabupaten Bogor memang terlalu luas. Selain ke-14 kecamatan tersebut, masih ada banyak kecamatan yang terbentang hingga Jonggol dan Cariu di sebelah timur. Total ada 40 kecamatan di Kabupaten Bogor. Saat ini, dengan ibu kota di Cibinong, warga yang berasal dari Jasinga dan Rumpin misalnya menjadi terlalu jauh bila mengurus surat-surat ke Cibinong, demikian pula warga dari Jonggol, Cariu, bahkan Cisarua (Puncak).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *