Jangankan Seafood, Buah-Buahan dan Daging Sapi pun Bisa Picu Alergi

Jangankan Seafood, Buah-Buahan dan Daging Sapi pun Bisa Picu Alergi

Banyak orang menghindari makan udang atau lobster, karena bisa memicu alergi yang membuatnya gatal-gatal di kulit. Demikian pula makanan laut lainnya, seperti kepiting, cumi-cumi, serta berbagai ikan laut.

Namun, seorang pembaca Autoblarr mengirimkan kisahnya bahwa ia divonis dokter mengalami alergi buah pepaya dan buah pisang! Dan yang menurutnya lebih menyakitkan, ia juga divonis alergi daging sapi. “Padahal sejak kecil saya suka sekali makan daging sapi,” ujarnya.

Sedangkan seafood, jangan ditanya lagi, harus dijauhkan dari daftar menunya untuk selama-lamanya.

Sang pembaca yang berdomisili di Bogor ini mengaku sejak remaja rutin mengalami gatal-gatal di kulitnya. Namun itu dianggapnya gatal biasa, dan diobati ala kadarnya dengan bedak lalu sembuh. Belakangan setelah usianya menginjak lebih dari 35 tahun, gangguan gatal di kulitnya semakin sering terjadi, dan tidak lagi mudah diobati.

Akhirnya ia mendatangi dokter spesialis dan menjalani tes alergi. Debu, kapuk, rumput, dan bulu anjing termasuk materi yang diujikan kepadanya apakah memicu alergi, dan hasilnya semua itu adalah alergen (penyebab alergi) baginya.

Kemudian sejumlah makanan pun diuji kepadanya. Ternyata buah pepaya, buah pisang, daging sapi, dan telur ayam adalah alergen. Padahal semua itu adalah makanan kedoyanannya.

Rupanya ketidaktahuan akan alergen telah membuat hidupnya selama ini penuh dengan gatal-gatal di kulit, bahkan terkadang juga di mulut dan hidung. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila kita melakukan tes alergi untuk mengetahui pemicu alergi bagi diri kita masing-masing.

Alergen atau materi yang memicu alergi tentu berbeda-beda pada setiap orang. Apa yang menjadi alergen pada individu A belum tentu alergen bagi individu B.

Sang pembaca Autoblarr dinyatakan tidak alergi terhadap daging kambing dan berbagai sayuran. “Goodbye daging sapi. Welcome daging kambing,” selorohnya. Padahal sepanjang hidupnya, sebelum menjalani tes alergi, ia tidak suka memakan daging kambing dan doyan sekali daging sapi.

Demikian pula dengan telur ayam yang sangat disukainya, ternyata memicu alergi. Bayangkan bila Anda tidak boleh makan telur!

Sedangkan buah pisang dan pepaya, walau pun enak dan menyehatkan, serta mudah didapat dengan harga terjangkau, ternyata baginya harus diganti dengan buah-buahan lainnya.

“Kalau saya melanggar pantangan, misalnya makan daging sapi, kini alerginya bukan cuma gatal di kulit, tetapi juga membuat saluran pernapasan terganggu, sesak napas,” ujar sang pembaca.

Blarr!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *