Inilah Sejumlah Tokoh Berbahasa Indonesia Terbaik Tahun 2020

Inilah Sejumlah Tokoh Berbahasa Indonesia Terbaik Tahun 2020

Bahasa menunjukkan kemampuan berpikir. Bahasa bisa pula mengindikasikan karakter seseorang. Semakin tertatanya ucapan lisan maupun bahasa tulis seseorang, bisa menyiratkan pola pikir yang juga tertata. Semakin logis bahasa seseorang, bisa menandakan karakter yang juga logis. Bahkan bila seseorang mampu dengan runut menjelaskan suatu perihal hingga orang lain juga memahami, maka bisa mengindikasikan ia adalah orang yang dapat diandalkan.

Sebaliknya, orang yang bahasa tutur maupun tulisnya tidak tertata dengan baik, bahkan sulit dipahami, bisa menandakan karakter yang tidak bisa diandalkan. Terlebih bila ia merupakan seorang tokoh yang memiliki pengaruh, pejabat yang dijadikan contoh oleh publik, bahkan selebritas yang memiliki banyak penggemar. Bila mereka tidak mampu berbahasa dengan baik dan benar, maka mereka sebagai figur publik bisa mempengaruhi masyarakat untuk juga tidak berbahasa dengan baik.

Bagaimana pun, jabatan dan popularitas mereka berasal dari apresiasi publik, sehingga secara etik mereka pun harus bertanggung jawab kepada publik atas perkataan maupun perbuatan mereka.

Adapun secara khusus Bahasa Indonesia merupakan salah satu perekat terkuat bagi masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Sekitar 260 juta jiwa manusia yang tinggal di negara kepulauan terbesar di dunia ini adalah penutur Bahasa Indonesia. Komunikasi sosial sehari-hari, interaksi bisnis, hingga persatuan politik Sabang-Merauke dirajut di dalam bahasa yang sama, Bahasa Indonesia.

Oleh karena itu, keberadaan Bahasa Indonesia perlu dilestarikan dengan baik dan benar. Maksud baik dan benar di sini bukan hanya soal menjaga struktur bahasa itu sendiri, melainkan juga merangsang semua orang Indonesia untuk menuturkannya dengan baik dan benar. Baik berarti bahasa Indonesia digunakan sesuai konteksnya (situasi dan lawan bicara), sedangkan benar berarti menuturkan bahasa Indonesia secara tertata dan logis.

Kembali ke premis awal, bila penduduk Sabang-Merauke tidak mampu berbahasa Indonesia dengan tertata dan logis, maka kekeliruan komunikasi akan mudah terjadi. Di era media sosial yang begitu marak sekarang ini, kesalahan komunikasi (salah tulis dan kacaunya logika bahasa) bisa berakibat fatal, terutama bagi warga negara yang mudah termakan politik segregasi.

Oleh karena itu, Autoblarr.com sebagai media massa yang berbasis di Indonesia dan menggunakan Bahasa Indonesia, merasa terpanggil untuk turut membina Bahasa Indonesia sejauh kemampuan dan wawasan yang dimiliki para punggawa situs ini.

Caranya adalah dengan memberi rujukan kepada publik tentang tokoh-tokoh yang telah berbahasa Indonesia dengan baik dan benar sehari-hari. Harapannya adalah publik dapat mencontoh mereka dalam berbahasa Indonesia, dan kemampuan serta wawasan publik dalam berbahasa Indonesia sedikit banyak bisa terangkat.

METODE PENILAIAN

Kami menginvetarisir nama-nama tokoh yang dianggap layak masuk sebagai nominator Tokoh Berbahasa Indonesia Terbaik Tahun 2020. Mereka adalah tokoh yang sepanjang tahun 2019 banyak tampil di muka publik, baik lewat layar televisi, radio, Youtube, Facebook, Instagram, maupun Twitter.

Untuk selanjutnya, nama-nama nominator tersebut kami sampaikan kepada para alumnus Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Indonesia (UI) serta alumnus Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Mereka ada yang berprofesi sebagai dosen, guru, wartawan, pegawai negeri sipil, karyawan, hingga wiraswastawan.

Kepada mereka, kami meminta penilaian dalam bentuk skor (skala 1 sampai 5) terhadap para nominator. Tokoh dengan skor terbanyak menjadi yang terbaik.

Agar lebih jelas untuk diapresiasi, kami mengelompokkan para tokoh itu ke dalam kategori Tokoh Politik, Pejabat Publik, Selebritas, Kalangan Profesional, dan Budayawan/Pemikir.

PARA NOMINATOR

Tokoh Politik:

1. Surya Paloh
2. Fahri Hamzah
3. Agus Yudhoyono
4. Sandiaga Uno
5. Susilo Bambang Yudhoyono

Pejabat Publik:

1. Menkopolhukam Mahfud MD
2. Menkeu Sri Mulyani Indrawati
3. Jubir KPK Febri Diansyah
4. Ketua DPR Puan Maharani
5. Mendiknas Nadiem Makarim

Selebritas:

1. Arifin Putra
2. Reza Rahadian
3. Maudy Ayunda

Kalangan Profesional:

1. Eep Saefulloh Fatah
2. Burhanuddin Muhtadi
3. Yusril Ihza Mahendra

Budayawan/Pemikir:

1. Rocky Gerung
2. Jaya Suprana
3. Radhar Panca Dahana

HASIL PENILAIAN

Yang terbaik di kategori Tokoh Politik adalah Agus Yudhoyono

Yang terbaik di kategori Pejabat Publik adalah Sri Mulyani Indrawati

Yang terbaik di kategori Selebritas adalah Reza Rahadian

Yang terbaik di kategori Kalangan Profesional adalah Burhanuddin Muhtadi

Yang terbaik di kategori Budayawan/Pemikir adalah Radhar Panca Dahana

Semoga apresiasi ini membuat para nominator dan peraih nilai tertinggi lebih bersemangat untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Adapun tokoh lain yang belum disebutkan di sini dapat termotivasi untuk berbahasa Indonesia dengan lebih baik lagi.

(Foto-foto: Antaranews dan RRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *