Ini Tips Mengemudi Saat Hujan yang Membantu Keselamatan Anda

Ini Tips Mengemudi Saat Hujan yang Membantu Keselamatan Anda

Musim penghujan mulai tiba. Dan terkadang tak bisa dihindari kita berkendara di tengah hujan. Bagaimana tips mengemudi saat hujan, agar keselamatan kita tetap terjaga? Berikut ini sejumlah tips yang dihimpun dari berbagai sumber termasuk pakar safety driving yang pernah berbincang dengan koresponden Autoblarr.

KONDISI KENDARAAN

Lebih baik bila mobil Anda memiliki fitur ABS (anti lock braking system) yang mencegah roda mengunci ketika dilakukan pengereman. Lantaran roda tidak mengunci, maka pengereman di jalan basah tidak akan menyebabkan selip.

Pastikan kembangan ban mobil Anda masih dalam kondisi bagus. Ban yang gundul akan cenderung menyebabkan efek mengambang di atas genangan air (aquaplaning) sehingga mobil sulit dikendalikan.

Pastikan pula lampu utama, lampu rem, lampu sein, dan lampu hazard berfungsi dengan baik. Semua itu berguna bagi pengemudi untuk melihat dan dilihat ke/oleh pengendara lain di jalan.

CARA BERKENDARA

Hidupkan wiper pada kecepatan yang sesuai dengan curah hujan. Bila curah hujan minim namun kita menghidupkan wiper dalam kecepatan maksimal, maka kita sebagai pengemudi bisa terganggu konsentrasinya.

Nyalakan lampu utama (tapi bukan lampu jauh yang menyilaukan) agar pengendara lain dari depan maupun dari belakang bisa mengetahui keberadaan kendaraan kita.

Jaga jarak yang lebih aman dengan kendaraan di depan, agar kita mampu mengantisipasi bila terjadi pengereman mendadak oleh kendaraan di depan.

Saat hujan deras, lebih baik hindari untuk menyalip mobil lain bila tidak sangat perlu, karena jarak pandang yang terbatas, dan juga cengkeraman (grip) roda yang berkurang dengan permukaan jalan. Berkendara mengikuti alur yang ada akan lebih aman.

Sebaiknya tidak menyalakan lampu hazard, kecuali Anda mengalami mogok dan terpaksa berhenti di tepi jalan. Hazard yang dinyalakan bisa mengaburkan fungsi lampu sein, sehingga pengendara lain tidak dapat mengantisipasi bila Anda berpindah lajur atau berbelok.

Inti dari semua keselamatan berkendara adalah tidak melesat terlalu kencang dan sembrono dalam bermanuver. Lakukan kegiatan berkendara Anda dengan kalem dan tenang (defensif), bukan ngebut (ofensif).

Bila Anda khawatir terlambat hadir dalam pekerjaan atau acara, maka berangkatlah lebih awal, dan bukannya ngebut untuk mengejar waktu karena Anda telat berangkat. Sebab itu sangatlah berbahaya, bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga membahayakan orang lain.

Selamat menikmati musim hujan dengan tertib dan aman. Blarr!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *