Ini Fungsi Klakson yang Sebenarnya

Ini Fungsi Klakson yang Sebenarnya

Klakson disematkan di hampir setiap kendaraan bermotor. Tapi sepertinya banyak yang menyalahgunakannya.

Bagi sebagian orang, kalau hati lagi kesal, klakson bukan hanya ditekan dengan durasi panjang, tapi bahkan dipukul-pukul berulang-ulang. Akibatnya pengguna jalan lain di sekitarnya merasa tersinggung. Konflik jalanan pun berpotensi terjadi.

Suara klakson kebanyakan berisik. Ini bawaan pabrik. Sebenarnya ada alasannya kenapa klakson dibuat begitu bising. Yakni agar efektif sebagai sarana keselamatan. Ya, keselamatan.

Sekali lagi, kami ingatkan, mohon jangan jadikan klakson sebagai sarana pengumbar kekesalan atau kemarahan. Sebab justru akan menambah kacau situasi.

Rombongan seperti ini jangan diklakson panjang, karena mudah tersinggung

Klakson fungsi sebenarnya adalah untuk memberitahukan kepada pengguna jalan lain bahwa ada mobil/motor kita di dekatnya. Sehingga mereka lebih waspada.

Klakson juga berguna mengingatkan pejalan kaki bahwa ada kendaraan kita di sekitar lokasi.

Namun penggunaan klakson dibatasi oleh etika. Sebab bila tanpa etika, maka tujuan penggunaan klakson bisa meleset.

Misalnya, niat awal ingin mengingatkan motor di depan agar tidak berjalan lambat di lajur kanan, namun karena kita menekan klakson dalam durasi yang panjang, maka si pengendara motor tersinggung dan bisa terjadi konflik.

Kita harus lebih cerdik karena banyak orang yang mudah marah

Semestinya, kita tekan klakson dalam durasi pendek, dan dalam interval yang tidak terlalu rapat. Sehingga terdengar ramah di telinga siapa pun.

Tapi mengapa pabrikan mobil memasang klakson yang begitu bising dan bisa ditekan dalam durasi panjang?

Itu adalah antisipasi bila penghuni kabin berada dalam kondisi darurat. Misalnya butuh pertolongan segera, sehingga harus memancing perhatian orang-orang di sekitarnya.

Di dalam kecelakaan lalu lintas, bencana alam, atau kerusuhan mungkin diperlukan klakson dalam durasi panjang untuk menarik perhatian polisi atau aparat penolong.

Namun, dalam kondisi lalu lintas normal, klakson hanyalah sarana safety, dan bukanlah sarana penyalur kemarahan yang bisa memancing konflik. Blarr!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *