Ini Dia, Modifikasi Paras Sienta yang Keren itu Kini Telah Rampung

Ini Dia, Modifikasi Paras Sienta yang Keren itu Kini Telah Rampung

Masih ingat artikel yang sempat viral ini? (Modifikasi ini belum selesai tapi sudah tampak keren). Sejumlah pembaca menanyakan kepada Redaksi kapan bumper Sienta bergaya Lexus itu akan selesai dibuat. Nah, kali ini, kami tampilkan wujud ‘Sienta Lexus’ yang sudah rampung.

Sang modifikator biasa disapa Mas Valey di dunia sosmed. Ia bekerja sama dengan rekannya, Dian Andri. Gatal-gatal akibat resin jadi makanan sang modifikator sewaktu membuat front bumper yang ramai diperbincangkan di komunitas Toyota Sienta itu.

Imajinasi Mas Valey yang dahulu cuma bisa menarik-narik mouse untuk membuat lekukan body mobil, kini mulai bisa diwujudkannya di wahana yang sebenarnya. “Yah, bisa dikatakan ini masih tahap-tahap yang sangat awal dalam berkarya di bidang modifikasi mobil,” ujarnya merendah.

Tapi siapa yang menduga pria yang biasa bermain visualisasi 3D gedung-gedung bertingkat dan kawasan perkotaan di Dubai (tempat kerjanya dulu), kini malah memilih banting setir mau mencoba berkarya di bidang modifikasi mobil.

Untuk ke depannya ingin memakai karbon

“Kurang lebih dua pekan saya merancang bumper ini. Adapun total waktu pembuatan sampai menjadi sebuah prototipe lebih dari tiga bulan,” terang Mas Valey.

Untuk menyulap tampilan depan Toyota Sienta sehingga berkesan Lexus ini dilakukan dalam beberapa tahap. Dari mulai proses 3D scanning, 3D design, mencetak master dengan mesin CNC, membuat cetakan bumper, sampai mencetak bumper Sienta ala Lexus.

Bahan dasar fiberglass menjadi pilihan utama dalam membuat prototipe. Ketika kami tanyakan kenapa memilih fiberglass, dengan sederhana dia menjawab, “Bahan-bahannya mudah didapatkan dan saya punya kenalan seorang pengrajin fiberglass yang terbiasa bermain dengan fiberglass untuk pembuatan wahana-wahana dan objek hiasan di Dunia Fantasi Ancol.”

Lalu pertanyaan selanjutnya yang kami ajukan adalah kenapa tidak karbon sebagai materialnya, sebab trend dunia kan sudah mengarah ke sana. Dia pun menjawab, “Ke depannya kami akan mengarah ke sana. Tapi untuk saat ini dengan keterbatasan dana dan minim pengetahuan untuk membuat bahan karbon, saya memilih untuk menggunakan fiberglass saja”.

Tidak sedikit orang yang memuji hasil karya ini. Setidaknya beberapa pembaca Autoblarr mengatakan ‘penggarapannya penuh bakat dan potensi untuk semakin berkembang di masa mendatang.”

Modifikasi karya rumahan ini diakui oleh Mas Valey masih memiliki banyak ‘PR’ untuk dituntaskan. Seperti bumper belakang, side skirt, dan tentunya velg yang lebih hebat untuk menambah keren ‘Sienta Lexus’ ini. Sebuah frasa ‘karya yang berkelanjutan’ agaknya layak disematkan kepada modifikasi yang keren ini.

Pantas diacungi jempol dan diberi semangat

Untuk semakin melecutkan semangatnya dalam memodifikasi Sienta milik rekannya ini, Autoblarr pun sepakat dengan sejumlah pembaca yang mengatakan, ‘mari kita tunggu kelanjutan modifnya sampai tuntas seluruhnya’.

Untuk saat ini, acungan jempol layak diberikan untuk gubahan bagian depan Sienta yang telah memberi perbedaan yang begitu besar. Dan tentu saja mengundang banyak perhatian di mana saja mobil ini berada. Blarr!

Penulis: Andreyanto Henry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *