Ini 6 Fakta Terbaru Virus Corona yang Perlu Diketahui

Ini 6 Fakta Terbaru Virus Corona yang Perlu Diketahui

Apa saja yang perlu kita ketahui tentang virus Corona Baru? Sebagai antisipasi bila wabah yang berasal dari China ini sampai di Indonesia.

Bagaimana cara penularan virus Corona Baru ini?

Penularannya melalui udara yakni ketika cairan mikro dari bersin orang yang sudah terjangkit melayang di udara dan terhisap oleh pernapasan orang lain.

Apakah hanya orang yang terlihat sakit yang bisa menularkan?

Tidak. Orang yang sudah terjangkit meski belum mengalami demam tinggi sudah bisa menularkan bila ia bersin atau berbagi makanan dan minuman. Masa inkubasi virus ini adalah 1 hari hingga 14 hari tergantung kondisi fisik seseorang.

Apa gejala yang terlihat bila seseorang sudah terjangkit?

Gejalanya bila sudah muncul antara lain demam tinggi, batuk, kesulitan bernapas, dan napas pendek. Demam yang sangat tinggi bisa menyebabkan kejang-kejang. Dalam beberapa kasus virus ini menyebabkan pneumonia (infeksi paru-paru sehingga kantung udara paru tergenang cairan nanah).

Siapa yang paling rentan untuk terbunuh oleh virus ini?

Menurut laporan otoritas China, hingga Minggu 26 Januari 2020, orang yang positif terjangkit sekitar 2.700 orang (meski menurut The Guardian sudah sekitar 100.000 orang). Adapun jumlah korban tewas disebutkan mencapai 81 orang. Kebanyakan yang tewas adalah orang yang terlambat ditangani, orang yang punya penyakit fatal lain, dan orang berusia lanjut.

Apakah orang yang terjangkit bisa disembuhkan?

Otoritas China pada hari Senin 27 Januari 2020 menyebarkan berita bahwa ada sejumlah pasien yang sudah boleh keluar dari rumah sakit.

Negara mana saja yang sudah terjangkit?

Yang sudah menyatakan ada warganya terjangkit adalah Hong Kong, Makau, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Australia, Kanada, Prancis, Jepang, Malaysia, Nepal, Singapura, Korea Selatan, dan Vietnam. Belum ada kematian yang dilaporkan terjadi di luar China.

(Sumber: Reuters)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *