Ini 5 Adegan Film yang Paling Berkesan dan Tak Mudah Dilupakan

Ini 5 Adegan Film yang Paling Berkesan dan Tak Mudah Dilupakan

1. Life is Beautiful (1997)

Film ini menceritakan prahara hidup orang-orang Yahudi di Italia yang masuk kamp konsetrasi bikinan Nazi. Adegan yang paling berkesan adalah ketika sang ayah tetap memperlihatkan keceriaan, bahkan tarian, di hadapan anaknya yang masih kecil, meski ia sebenarnya akan dieksekusi mati. Film ini memang menonjolkan upaya seorang ayah untuk membuat hidup tetap tampak indah di mata si anak, meski dalam suasana perang.

2. Phantom Thread (2017)

Film ini berkisah tentang seorang istri yang cemburu dengan kesibukan suaminya, padahal sang istri ingin selalu berada dekat dengan sang suami. Adegan yang paling berkesan adalah ketika sang suami berkata, “Cium aku sayang, sebelum aku sakit.” Padahal sakitnya sang suami merupakan kesengajaan dari sang istri yang kerap menaruh sedikit racun jamur di makanan untuk suaminya. Bila sang suami sakit dan harus dirawat di rumah, maka sang istri merasa bahagia.

3. The Raid (2011)

The Raid merupakan film action yang banyak dipuji di Hollywood. Kisahnya tentang sekelompok polisi yang menyerbu sebuah gedung tempat para preman bertempat tinggal. Penyerbuan itu tidak mudah dan mendapat perlawanan sengit, sehingga harus terjadi banyak perkelahian jarak dekat. Adegan yang sulit dilupakan adalah final fight ketika Rama (Iko Uwais) dan Andi (Donny Alamsyah) harus menghadapi Maddog (Yayan Ruhian) yang sangat jago berkelahi. Duel 2 lawan 1 itu sepertinya akan berat sebelah, tetapi ternyata justru keunggulan tampak di Maddog. Bahkan kemudian kelihatannya mustahil Rama dan Andi bisa mengalahkan Maddog. Namun bagaimana mengubah kemustahilan itu menjadi kemenangan bagi Rama dan Andi adalah “mukjizat” bagi adegan ini. Salah satu film action terbaik sepanjang masa, menurut sejumlah kritikus film.

4. Mission: Impossible–Fallout (2018)

Layar perak ini mengisahkan perjuangan para agen rahasia IMF (Impossible Mission Force) untuk menyelamatkan dunia dari ledakan nuklir yang diinisiasi oleh teroris bernam Salomon Lane. Adegan yang tak terlupakan adalah ketika agen Ethan Hunt bertemu dengan Julia (kekasih yang sering masuk ke alam mimpi Ethan) namun saat itu Julia mengaku sudah memiliki suami lain, dan juga mengaku bahagia. Padahal di dalam film Mission: Impossible sebelumnya Julia menjadi motivasi Ethan dalam bekerja dan bertaruh nyawa. Adegan pertemuan itu sangat “menjengkelkan” dan seolah “mengkhianati” ketulusan cinta Ethan dan Julia yang begitu ditonjolkan dalam film sebelumnya.

5. Joker (2019)

Film ini sangat fenomenal di tahun 2019, bahkan disebut-sebut akan merebut banyak Oscar di tahun 2020. Adegan yang paling berkesan justru menurut penulis adalah ketika Arthur (nama asli Joker) dibuli oleh sekelompok remaja. Arthur yang sedang menjadi badut dan memegang papan promosi sebuah toko, tiba-tiba dirampas papannya oleh sekelompok remaja. Adegan ini sangat dramatis karena terasa sangat mengejutkan, dan itulah titik awal kepedihan hidup Arthur yang semakin parah. Keparahan yang kemudian lambat laun menjadikannya seorang Joker yang jahat.

Penulis: M. Hasan, pemerhati film, alumnus FIB-UI 

Foto: internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *