Dokter Pertama Virus Corona Akhirnya Meninggal Dunia, Korban Tewas Lebih 600

Dokter Pertama Virus Corona Akhirnya Meninggal Dunia, Korban Tewas Lebih 600

Salah seorang dokter China pertama yang mencoba memperingatkan dunia tentang virus Corona Baru akhirnya meninggal dunia pada hari Jumat (7/2/2020) jam 02.58 dini hari waktu setempat karena serangan virus itu.

Li Wenliang, 34 tahun, adalah seorang dokter spesialis mata di sebuah rumah sakit di Wuhan, kota yang paling parah dilanda wabah.

Dia dan tujuh orang lainnya sempat ditegur oleh kepolisian Wuhan bulan lalu karena menyebarkan informasi yang dianggap “ilegal dan salah” (hoax) tentang virus Corona. Menurut kantor berita Reuters, ia memperingatkan para dokter lain lewat media sosial tentang tujuh kasus virus Corona Baru yang masih misterius. Padahal ia hanya bermaksud membantu dokter lain.

Banyak orang China di media sosial menggambarkan Li sebagai pahlawan dan tokoh tragis, yang mencerminkan ketidakmampuan pihak berwenang setempat untuk menangani kemunculan virus di masa awal wabah.

Pada hari Jumat, provinsi Hubei China, tempat Wuhan berada, melaporkan 69 kematian baru, menjadikan totalnya di China lebih dari 600 kematian. Juga melaporkan hampir 2.500 kasus baru, sehingga total di China menjadi lebih dari 30.000 kasus, menurut televisi pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *