Desain Mobil BMW Terbaru Akan Menuai Kontroversi (Lagi)?

Desain Mobil BMW Terbaru Akan Menuai Kontroversi (Lagi)?

Masih ingat Chris Bangle? Kepala desainer BMW Group (aktif 1992–2009) yang merevolusi desain BMW secara cukup radikal sehingga ia dibenci oleh penggemar BMW yang menganggap Bangle merusak warisan desain BMW. Bahkan muncul petisi di internet agar pemilik BMW memecat Bangle.

Kini BMW kemungkinan bakal mengalami “kasus” serupa. Namun, bukan lagi terkait Bangle, melainkan anak didiknya, yakni Adrian van Hooydonk, kepala desainer BMW Group saat ini (aktif sejak 2009, menggantikan Bangle).

Pangkal masalahnya adalah keberanian Hooydonk untuk menampilkan konsep BMW Seri-4 Coupe di Frankfurt Motor Show, September 2019. Wajah mobil ini terlihat sangat berbeda dibanding BMW yang sekarang sudah dipasarkan. Terutama pada grille ‘ginjal kembar’ (twin kidney) yang sama sekali tampak berbeda.

Hooydonk membela diri terhadap gaya baru yang kontroversial itu. Dia mengatakan kepada Autocar (Inggris), “Saya bukan seorang psikolog, tetapi saya tahu BMW adalah merek yang tidak hanya punya pelanggan, tapi juga memiliki penggemar. Mereka tahu sejarah desain kami dan memiliki pandangan kuat tentang itu. Saya tidak berpikir itu hal yang buruk, itu berarti kami benar-benar terhubung dengan mereka secara emosional.”

“Sebagai sebuah perusahaan, Anda harus terus bergerak,” lanjutnya. “Begitu Anda mulai diam, Anda menjadi sasaran empuk. Pasar sekarang sangat kompetitif, lebih dari sebelumnya. Tetapi hal tersulitnya adalah membuat perubahan saat Anda sukses. Jika Anda tidak lagi sukses, orang-orang akan mulai mengatakan bahwa Anda perlu melakukan perubahan, tetapi Anda sudah berada di dalam mode panik.”

Secara spesifik ia pun membela Seri-4 Coupe itu. “Ini adalah coupe sporty, dan menurut definisinya, harus memiliki desain yang sangat ekspresif. Anda melihat bahwa ekspresifnya ada di sekeliling mobil, bukan hanya bagian depan. Tetapi tidak banyak garis atau elemen, dan ini bukan desain yang rumit.”

“Kami ingin melakukan ini untuk semua mobil kami: ingin memiliki lebih sedikit elemen, sehingga setiap elemen yang  digunakan memainkan peran yang lebih besar.”

(Foto: Autocar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *