CEO Boeing Dennis Muilenburg pun Akhirnya Dipecat

CEO Boeing Dennis Muilenburg pun Akhirnya Dipecat

Boeing Co telah memecat Chief Executive Officer (CEO) Dennis Muilenburg setelah berulang kali gagal menahan dampak dari kecelakaan fatal 737 MAX di Indonesia dan Ethiopia. Bahkan Boeing sampai harus menghentikan produksi pesawat jet terlarisnya (737 MAX). Bukan itu saja, reputasi Boeing di mata maskapai dan regulator penerbangan ikut ternoda.

Muilenburg layak diberhentikan karena ia kurang berhasil menyelesaikan krisis tersebut, yang telah menelan biaya $ 9 miliar. Krisis itu juga menggoyahkan industri pemasok komponen, bahkan ujung-ujungnya ikut mengancam laju pertumbuhan ekonomi AS.

Chairman Boeing, David Calhoun, mantan eksekutif General Electric yang telah duduk di dewan Boeing sejak 2009, akan mengambil alih posisi CEO dan presiden, efektif mulai 13 Januari.

Sampai saat itu, Chief Financial Officer (CFO) Greg Smith akan memimpin industri pembuat pesawat terbesar di dunia tersebut.

“Dewan direksi memutuskan bahwa perubahan dalam kepemimpinan diperlukan untuk mengembalikan kepercayaan,” ujar pernyataan Boeing.

Seorang pejabat Boeing mengatakan dewan telah berunding selama akhir pekan lalu (20–21 Desember) dan memutuskan untuk memberhentikan Muilenburg melalui telepon pada hari Minggu (21/12).

Muilenburg tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Saham Boeing, yang telah turun lebih dari 20% selama sembilan bulan terakhir, ditutup naik 2,9%.

(Sumber: Reuters, foto: CNBC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *