Carlos Ghosn Balik Serang Nissan dan Mitsubishi Via Pengadilan Belanda

Carlos Ghosn Balik Serang Nissan dan Mitsubishi Via Pengadilan Belanda

Pengacara Carlos Ghosn pada hari Senin (10/2/2020) menyampaikan pendapat di pengadilan Belanda terkait pemecatan Ghosn oleh Nissan Motor dan Mitsubishi Motors yang dianggap ilegal. Gugatan dilakukan di Belanda karena kedua perusahaan tersebut terdaftar di Negeri Kincir Angin.

Ghosn, mantan pimpinan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi yang ditangkap di Jepang pada 2018 tetapi melarikan diri ke Lebanon Desember lalu, mengajukan sebuah kasus pengadilan di Belanda pada bulan Juli 2019 dengan alasan bahwa pemecatannya tidak sah.

Sidang Senin di Pengadilan Distrik Amsterdam adalah sesi publik pertama dalam kasus ini. Ghosn menuntut ganti rugi 15 juta euro (USD 17 juta) dari aliansi otomotif itu, yang menurut pihak Ghosn telah melanggar undang-undang perburuhan Belanda.

“Nissan dan Mitsubishi secara terbuka mempermalukan Ghosn,” kata pengacara Roeland de Mol kepada pengadilan. “Laporan dan tuduhan mereka tidak pernah disampaikan kepada Ghosn. Tidak ada proses hukum yang layak.”

De Mol mengatakan, “Ghosn ingin debat penuh tentang alasan pemecatannya. Mr. Ghosn siap bertarung.”

Ghosn sedang mencari akses ke dokumen yang berkaitan dengan investigasi internal Nissan dan Mitsubishi, yang digunakan untuk memperkuat pemecatannya atas tuduhan pelanggaran keuangan.

Tim pembelanya berargumen bahwa dokumen-dokumen itu akan menunjukkan perusahaan mengatur sesuatu terkait Ghosn.

(Foto: France24)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *