Bill Gates Bilang Loper Koran itu Lebih Kaya Darinya, Bagaimana Bisa?

Bill Gates Bilang Loper Koran itu Lebih Kaya Darinya, Bagaimana Bisa?

Bill Gates (Microsoft) pernah menjadi orang terkaya nomor satu di dunia, meski tahun ini (2019) ia berada di peringkat kedua di bawah Jeff Bezos (Amazon). Ketika berada di posisi teratas, Bill Gates pernah berdialog seperti berikut ini:

Penanya: Adakah orang yang lebih kaya darimu di dunia ini?

Bill Gates: Ya, ada satu orang yang lebih kaya dibanding diriku. Waktu itu aku belum kaya dan terkenal. Aku berada di bandara New York, dan aku ingin membeli koran. Namun ternyata aku tidak punya uang receh untuk membelinya. Dan aku pun meletakkan kembali koran itu. Tak kusangka si loper koran memberikan koran itu kepadaku secara gratis. Ia memaksa dan aku pun menerimanya.

Sekitar dua atau tiga bulan kemudian, aku berada di bandara itu lagi. Si loper koran melihatku dan menawarkan koran lagi kepadaku. Aku menolak karena tidak punya uang receh. Tapi ia memaksa lagi sambil berkata, “Aku memberikan koran ini dari profitku. Aku tidak akan mengalami kerugian.”

Setelah 19 tahun kemudian, aku menjadi kaya dan terkenal. Tiba-tiba aku teringat lagi dengan si loper koran. Kuputuskan untuk mencarinya. Setelah sekitar 1,5 bulan pencarian, akhirnya kutemukan dia.

Aku pun bertanya padanya, “Apakah kau tahu siapa aku?”

“Ya, kamu Bill Gates,” jawab si loper.

“Apakah kamu ingat pernah memberikan kepadaku koran secara gratis?”

“Ya, aku ingat pernah memberimu dua kali koran secara gratis.”

“Sekarang aku ingin membalas budi baikmu. Sebutkan keinginanmu, apa pun itu, akan kucoba mewujudkannya,” tawar Bill Gates.

“Pak Gates, tidakkah engkau berpikir bahwa mewujudkan keinginanku saat ini tidak akan mampu membayar apa yang pernah kulakukan padamu?”

“Lho, mengapa?” Gates heran.

“Aku dulu membantumu ketika aku masih seorang loper koran yang miskin. Dan sekarang kau ingin membantuku ketika kau telah menjadi orang yang sangat kaya. Bagaimana kau bisa mengimbangi apa yang pernah kulakukan padamu?”

Penanya: Nilai apa yang bisa dipetik dari situ?

Bill Gates: Di saat itulah aku menyadari bahwa loper koran itu lebih kaya dibanding diriku. Sebab ia membantu orang lain tanpa menunggu dirinya kaya. Kita pun perlu menyadari bahwa orang kaya sejati adalah yang punya lebih banyak empati ketimbang lebih banyak uang. Kebaikan hati akan membuatmu menjadi tampak agung, tak peduli seperti apa pun penampilanmu.

Sumber: FB sarcasm

Foto: CNBC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *