Begini Cara Mencuci Mobil yang Paling Baik dan Bersih

Begini Cara Mencuci Mobil yang Paling Baik dan Bersih

Mobil bersih merupakan keharusan. Sebab penilaian atau persepsi orang terhadap kita bisa jadi terpengaruh oleh bersih atau kotornya mobil yang kita kendarai. Terlebih di musim hujan seperti sekarang ini, mobil mungkin perlu lebih sering dicuci. Berikut ini sejumlah tips mencuci mobil yang baik dan bersih, seperti disarikan dari berbagai sumber ditambah pengalaman koresponden Autoblarr.

PANTANGAN SAAT MENCUCI MOBIL

1. Jangan pernah mencuci mobil di bawah terik matahari yang panas. Bukannya bersih tetapi malah timbul noda akibat sabun dan kotoran yang mengering di bodi mobil. Cat juga bisa terlihat kusam bisa terlalu sering dicuci di bawah terik mentari.

(Anjurannya: Cucilah mobil di bawah atap yang teduh. Bila tidak menemukannya, cucilah mobil pagi sekali atau sore sekali, ketika matahari telah teduh).

2. Jangan pernah mencuci mobil dengan lap atau kain kasar. Pelindung cat sekali pun bisa tergores bila sering digosok dengan kain kasar. Apalagi bila kain itu dicelupkan ke dalam ember yang berisi air yang mengandung butiran debu bekas gosokan bodi mobil.

(Anjurannya: Cucilah mobil dengan kain sehalus mungkin. Pemakaian spons pun perlu hati-hati karena ada spons yang kasar dan bisa merusak cat. Kain kanebo yang halus atau kain kaus yang halus bisa digunakan, selain spons khusus cuci mobil yang berkualitas).

3. Jangan pernah menggosok bodi mobil dari bagian yang kotor menuju bagian yang lebih bersih. Misalnya dari bawah (bahkan dari ban) menuju ke atas. Kotoran dan debu yang menempel pada lap bisa merusak cat dan pelindungnya.

(Anjurannya: Intinya adalah jangan pernah mengelap bagian mobil dengan lap yang sudah dipakai mengelap bagian yang berdebu atau berkerikil halus. Caranya adalah dengan selalu mencuci lap dengan air mengalir sebelum digunakan kembali ke bagian lain bodi mobil. Hindari mencuci lap dengan air di ember yang dipakai berulang-ulang, sebab di situ terdapat debu bahkan kerikil halus yang bisa menempel pada lap dan kemudian menggores cat mobil Anda).

Bisa saja Anda tidak bersedia mencuci  mobil sendiri, namun setidaknya tips di atas bisa Anda pantau apakah diterapkan atau tidak oleh tempat pencucian mobil langganan Anda. Semua demi penampilan terbaik kendaraan Anda. Blarr!

(Foto: thenewswheel, spons benar tetapi mencuci di bawah terik matahari tidak dianjurkan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *