Awas! E-Toll Card Expired Kalau Kelamaan di Rest Area

Awas! E-Toll Card Expired Kalau Kelamaan di Rest Area

Kaget juga rasanya ketika sedang teleponan sama saudara, tiba-tiba di seberang sana ia bilang, “Bro ini kenapa ya kok e-toll card gue gak berfungsi dan ada tulisan ‘expired’ di layar informasinya?”

Sang saudara tidak mematikan teleponnya. Lalu sayup-sayup terdengar suara petugas tol yang membantunya membuka portal. “Tadi Bapak kelamaan ya di rest area? Kalau kelamaan jadi expired Pak. Silakan Bapak bayar manual saja.”

Silakan klik gambar Toyota Fortuner terbaru ini untuk informasi lengkapnya (versi mobile)

Setelah beres urusan bayar tol secara manual, saudara itu bercerita bahwa memang ia berhenti di rest area km 57 tol Jakarta–Cikampek untuk suatu acara selama sekitar 3 jam lebih.

Lalu kembali masuk tol dan keluar di pintu Dawuan. Nah, di Dawuan inilah kartunya divonis expired.

Kejadian ini pada tanggal 7 Juni 2018, yang berarti sudah memasuki musim mudik Lebaran.

SANG SAUDARA MASIH BERUNTUNG, SEBAB ADA YANG SIAL BANGET

Beruntung ia cuma diminta bayar manual dan beres urusannya. Sebab ada orang lain yang sempat curhat kisah serupa di dunia maya, dan lumayan miris.

Cuplikan kisahnya di bawah ini.

Cuplikan kisah yang lumayan miris

Sementara itu, seperti dilansir prfm.com, Humas Tol Purbaleunyi, Dadan Syarifudin, membenarkan isi pesan berantai atau broadcast di media sosial soal pemberlakuan masa kadaluwarsa kartu e-toll di jalan tol.

Dalam broadcast tersebut disebutkan, jika pengendara melebihi batas waktu di jalan tol, maka kartu e-toll card-nya tidak bisa digunakan saat hendak keluar, bahkan di gerbang tol ada tulisan ‘expired’.

Silakan klik gambar Toyota Fortuner terbaru ini untuk informasi lengkapnya (versi desktop)

Menurut Dadan, hal tersebut diberlakukan sebagai langkah preventif Jasa Marga karena ulah oknum-oknum nakal yang memanfaatkan ruas-ruas tertentu untuk menukarkan kartu atau tiket masuk, sehingga yang bersangkutan bisa membayar lebih murah saat keluar tol.

“Jadi ditemukan ada beberapa pengguna jalan yang menukarkan tiket. Misal dari Padalarang masuk mau keluar ke Cikarang akhirnya janjian sama temannya di ruas tol tertentu supaya pas keluar membayarnya murah,” kata Dadan kepada Radio PRFM, Senin (25/9/2017).

Dadan menuturkan, masa berlaku kartu e-toll yang ditap yaitu 8 jam untuk antar ruas tol dan 4 jam di ruas tol tertentu.

Jika dalam waktu yang telah ditentukan ada kendala seperti mobil mogok atau pengendara sakit, Dadan memastikan hal tersebut bakal terdeteksi oleh petugas.

Jarang yang berhenti sebentar di rest area km 57 Jakarta–Cikampek

SEBENARNYA TIDAK ADA DENDANYA

Namun, karena belum ada payung hukumnya, Dadan juga memastikan tidak memberlakukan denda untuk para pengendara yang melebihi durasi.

Yang terpenting, lanjut Dadan, pengendara menjelaskan kepada petugas di gerbang tol alasannya melebihi durasi yang telah ditentukan dan petugas nantinya akan membuka gerbang secara manual.

“Intinya kami bakal monitor terus, semua kegiatan di rest area juga kita pasti tahu, termasuk bila ada perbaikan jalan. Jelaskan ke petugas saat mau keluar tol alasannya jika melebihi durasi,” lanjut Dadan.

Tenang saja, Jasa Marga memantau kegiatan servis, sehingga tidak didenda

Klik juga di bawah ini: tanggapan pihak Jasa Marga soal e-toll card expired karena pemilik lama di rest area. Apakah mengena pokok masalahnya? 

Beredar Tanggapan Jasa Marga Soal E-Toll Card Expired karena Lama di Rest Area

Klik juga di bawah ini: tentang akhir nasib Ayla yang viral dianggap tidak kuat nanjak di tol fungsional Salatiga–Solo

Bagaimana Akhirnya Nasib Ayla yang Viral Dianggap Tidak Kuat Nanjak di Tol Salatiga–Solo?

Klik juga di bawah ini: tentang pengelola Autoblarr

Ingin Menyampaikan Pencerahan dan Juga Kejutan

16 Comments


  1. Sayapun mengalami hal serupa….
    Pada tgl 8 juni kemarin, Masuk rest area km 147 Bandung jam 2 pagi
    Karena ketiduran dan hal lain, baru keluar jam 7 lewat sedikit
    Saat mau bayar, kartunya expired, menurut petugas karena sudah melebihi dari 5 jam.
    Petugas tsb hanya mencatat dikertas kecil, lalu kami pun bisa keluar lagi.

    Pertanyaannya sejak kapan diberlakukan hal seperti diatas???
    Apakah ada sosialisasinya?

    Jadi mulai sekarang kalau mau masuk rest area harus lihat lihat jam dahulu 😬 kapan masuk, kapan keluarnya

    Reply

    1. Terima kasih informasinya yg sangat bermanfaat

      Reply

  2. Klo ngantuk suruh jalan terus ya.. Buat apa adanya Rest Area kalo di batasi durasi seperti itu.
    Buat sopir sopir truk besar besar ini bisa jadi masalah. Sopir tronton mengantuk beresiko menyebabkan kecelakaan karambol.

    Reply

  3. This iis silly and unsafe policy from jasa marga. Need the attention from the Transportation Ministry

    Reply

  4. Alasan pemberlakuan yg aneh dan terkesan dibuat2…. hallooo pak kalo macetttt total piye???? … masak Yo petugas Anda membukakan gerbang secara manual tu semua kendaraan… makin oanehhhh…. dah simple malah dibikin ribettt…

    Reply

  5. Tidak efektif cara nya seperti itu apa ini ada unsur market agar semua pwngendara menbeli kartu lagi atau di paksa untuk isi ulang terus2an. Hal seperri ini bukan buat jadi ajang aturan tapi berasarkan dari segi bisnis. Kalo pengendara lelah atau ngantuk lewat batas waktu gimana? Trus kalo macet berjam2 bahkan pernah saya alamin macet sampe 10 jam, apakah akan di kenakan expired juga? Gak fair namanya kalo urusan kepenting yol toleransi tapi untuk urusan pribadi pake sanksi… Tolong di singkapi dengan bijak….

    Reply

  6. Sungguh ini kebijakan yg gak masuk akal dan cenderung merugikan pengguna jalan. Waktu bisa terbuang krn hal tersebut.

    Cara berpikir picik sempit begini kok bisa muncul ya dari perusahaan besar. Kalau alasannya ada orang tukar tiket biar ebih murah itu kan kecil persentasenya….cari solusinya yg bagus. Bukan terus bikin kebijakan aneh kayak gitu.

    Reply

  7. Itu namanya mengatasi masalah dengan masalah….entah lah pejabat kita itu padahal katanya pinter2 ya ….

    Reply

  8. kalau ada masa expire mending bayar tunai saja…kan lebih simple jadinya…tapi antrian jadi panjang kan manual…udah canggih pake etoll mau dibuat manual lagi…hadeh…kalo macet pake durasi juga….rest area untuk rehat agar tdk terjadi kecelakaan…

    Reply

  9. Kl jalannya kencang kena denda, kl Kelamaan expired kartunya, Terus mau nya bgm seh? Kl ada tikus jgn lumbungnya yg dibakar. Ini jelas sangat merugikan pemakai jalan toll. Hrs ditinjau lagi nih aturan yg tdk bijak.

    Reply

  10. Ga lucu sih peraturannya, ngga smart, jd bikin macet digerbang tol. Jgn gara2 oknum yg lain jd korban. Trus saldonya gimana? Hangus krn expired?

    Reply

  11. sangat mencurigakan. harus diperiksa nih sistem komputernya dan pihak pihak yang terlibat. Bermain dengan bayar manual dengan alasan kartu daluarsa itu berpotensi korup.

    Reply

  12. Gimana klo gini… masa mudik, masuk tol jam 3 sore, macet 2 jam, krn macet jd ngantuk, cari rest area buat istirahat dan tetnyata penuh, habis waktu total 2 jam, baru jalan dikit kena macet lg 1 jam.. itu total minimal udah 5 jam an, lbh dr 4 jam…. klo semua org begitu, itu petugas di exit tugasnya cuma nyatetin n bukain manual satu2… ini mah lebih parah dr brexit accident…

    Reply

  13. Aneh, shortcut yang merugikan pengguna jalan tol

    Reply

  14. Di jalan toll seinget saya pernah ada slogan Ngantuk istirahat di rest area.
    Mesti diilangin tuh slogan. Karena namanya tidur kadang bablas, bisa 2 sampe 3 jam. Pasti kelewat batas waktu nya.
    Klu ada oknum pengendara yg berbuat curang, jangan samakan semua pengendara nakal. Gimana klu ada oknum petugas ada yg nakal, apa semua instansi kena ?????
    Usul
    Gimana klu jasa marga pasang cctv yg bisa connect dengan etoll saat tap masuk, dan pada saat keluar etoll yang di tap disamakan dengan plat kendaraan secara komputerisasi bukan manual. Jika ada perbedaan baru di proses.
    Salam

    Reply

  15. Itu direktur nya sapa sih?… segitu gak mau ruginya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *