Apa itu Gazoo Racing yang Melekat pada Sportscar Toyota Supra?

Apa itu Gazoo Racing yang Melekat pada Sportscar Toyota Supra?

Melekatnya kode GR yang merupakan inisial dari Gazoo Racing (GR), menunjukkan jurus Toyota untuk meracik Supra terbaru dengan berbagai aspek mobil sport modern. Namun, meski sportif, Supra tetap harus nyaman dan mudah dikendalikan di jalan umum, sebab sportscar ini juga diarahkan untuk pemakaian harian.

Toyota Gazoo Racing (TGR) merupakan divisi motorsport Toyota yang fokus pada pengembangan mobil balap sejak tahun 2015. Berbekal sumber daya yang berpengalaman dan fasilitas pengembangan teknologi terbaik, TGR diberi kepercayaan penuh untuk melahirkan Toyota GR Supra sejak dari coretan awal.

Berbagai database terkait mobil balap Toyota dimiliki oleh TGR, termasuk rekam jejak Toyota Supra di masa lampau.

Tidak hanya di dunia balap, TGR juga memiliki pengalaman dalam memahami kendaraan yang sesuai untuk kebutuhan di jalan raya, termasuk project 5 Continents Drive yang mengajak karyawan Toyota untuk turun langsung ke jalanan di seluruh dunia, mendapatkan dukungan penuh dari TGR sejak tahun 2014.

Perjalanan ini baru saja menuntaskan etape untuk Indonesia pada 12 – 15 November 2019 lalu. “Road train people, people make cars”, menjadi arahan bagi TGR untuk mengembangkan mobil sport yang dapat digunakan di jalan raya dengan tantangan yang berbeda total dari sirkuit balap.

Pengujian Melewati Limit

Saat pengembangan, Toyota GR Supra melewati serangkaian uji coba di lintasan sirkuit balap dan turun ke jalan di berbagai negara di dunia. Targetnya, menemukan komposisi dan kunci terbaik sportscar sejati yang tetap mampu memberi kenyamanan berkendara untuk sehari-hari.

Nyaris 90% waktu pengembangan Toyota GR Supra dihabiskan di jalan umum, di antaranya dibawa melalui jalan tol di negara Jerman yang memiliki speed limit “tanpa batas” sehingga dapat dipacu sampai kecepatan tertinggi yang bisa diraih, menelusuri jalan perkotaan di sekitar sirkuit Nurburgring, serta merasakan berkendara di jalan tol negara Amerika Serikat, hingga ke negara Swedia untuk menjalani musim dingin membeku dengan jalan diselimuti salju tebal. “Go where customer goes”, begitu filosofi singkatnya.

Pengujian tanpa lelah itu melahirkan tiga elemen kunci, yaitu jarak sumbu roda (wheelbase), tapak (tread), dan pusat gravitasi (center of gravity). Para engineer TGR memutuskan untuk memperkecil jarak wheelbase, merendakan pusat gravitasi, dan mengatur distribusi bobot kendaraan menjadi seimbang 50:50 antara bagian depan dengan belakang. Keseimbangan tiga elemen inilah yang yang membuat GR Supra terasa fun ketika dikendarai.

Sport Cars dengan Daya Emosional Tinggi

Sebuah mobil sport modern berperan aktif dalam menyajikan emosi penuh rasa gembira, dengan cara membuat ikatan emosional yang kuat. Sejak pertama melihatnya, pengguna GR Supra akan dibuat terpesona dan merasa gembira ketika berada di depan kemudi. Menghasilkan drivability yang kuat menjadi salah satu poin utama dalam pengembangan GR Supra.

Salah satunya dengan menanamkan mesin powerful yang mewarisi “DNA” empat generasi Supra sebelumnya yang sudah melegenda.

Tetap mengadopsi mesin 3,0 liter 6-silinder inline yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 340 PS pada putaran mesin 3.000.000-6.500 rpm dan torsi maksimal 500 Nm pada putaran 1.600-4.500 rpm, Supra mampu memberikan rasa fun to drive pada pecinta mobil sport. Sementara itu, twin-scroll turbocharger ditanamkan untuk memastikan mesin dapat menyalurkan power terbaik di setiap rentang putaran mesin.

Guna memperkuat sensasi berkendara, gardan belakang GR Supra dilengkapi fitur limited slip differential (LSD) yang dikontrol secara elektronik. Fitur ini mampu membuat mobil meluncur mulus saat di tikungan, dan segera bisa dipacu begitu menggapai jalan lurus dengan menjaga pembagian traksi antara ban kiri dan kanan secara simultan.

Selain itu, GR Supra dilengkapi transmisi 8-speed Sport Automatic dengan rasio gigi rapat agar mendistribusikan tenaga dengan gesit ketika melaju santai atau terkena kondisi stop and go di dalam kota.

Kesan mobil balap klasik begitu terasa dengan hadirnya kap mesin memanjang dan menyisakan sedikit area kabin di belakang. Keunikan tampak dari desain atap double bubble untuk mengalirkan udara ke spoiler belakang minimalis berbentuk duck-tail untuk memberi tambahan downforce.

Toyota GR Supra juga dilengkapi kombinasi lampu LED pada bagian depan dan belakang yang sportyvelg alloy 19 inci yang gagah dan dinamis, serta ujung knalpot ganda di antara fog lamp belakang dan lampu mundur bergaya lampu mobil balap F1.

Kokpit GR Supra dirancang untuk memberikan posisi duduk natural sehingga pengemudi dapat berkonsentrasi penuh saat mengemudi tanpa terdistraksi oleh bermacam instrumen.

Selain itu, tampilan meter cluster semi digital juga memberi kemudahan dalam membaca informasi yang ditampilkan. Untuk membuat perjalanan semakin nyaman, kabin GR Supra dilengkapi sistem multimedia berlayar 8,8 inci dengan teknologi layar sentuh dan didukung 10 speakers.

“Kehadiran GR Supra merupakan wujud apresiasi kami kepada pelanggan sekaligus menunjukkan semangat Toyota yang senantiasa berupaya menghadirkan produk, teknologi, dan layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin modern. GR Supra tak hanya mumpuni di lintasan pacu namun menghadirkan performa kelincahan dan kenyamanan untuk pemakaian normal sebagai wujud ever better cars,” papar Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *