Apa Bedanya Panseksual dengan Biseksual? Ini Jawaban yang Memukau

Apa Bedanya Panseksual dengan Biseksual? Ini Jawaban yang Memukau

Belakangan ini marak perbincangan mengenai istilah panseksual. Mungkin sebagian orang masih bertanya-tanya apa persisnya makna panseksual. Selain itu, apa bedanya dengan biseksual. Berikut ini penjabaran memukau dari dr. Jenn Mann seperti dimuat di dalam InStyle.com.

DEAR DR. JENN,
Saya pernah berkencan dengan seorang pria (yang sangat saya sukai!) Namun ia menyebut dirinya sebagai panseksual. Saya akui kejujuran itu membuat saya terguncang. Saya pernah mendengar istilah itu sebelumnya, tetapi saya tidak begitu mengerti apa artinya. Apakah sama dengan biseksual? Dan, sebagai wanita penyuka pria tulen, saya ingin tahu bagaimana cara menilai pria lain (bila saya bertemu pria baru) yang mungkin bisa diidentifikasi sebagai panseksual?

DEAR IN THE DARK,
Anda tidak sendirian dalam keingintahuan dan kebingungan Anda. Setelah Janelle Monaé tampil di depan umum dan mengaku sebagai panseksual, pencarian istilah tersebut meningkat 11.000 persen di kamus Merriam-Webster, sehingga menjadikannya kata yang paling dicari saat itu.

Istilah itu makin populer setelah selebriti lainnya – termasuk Miley Cyrus, Bella Thorne, Amandla Steinberg, dan Jazz Jennings – telah mengaku sebagai panseksual.

Pertama kali saya mendengar istilah itu pada musim keenam acara televisi saya Terapi Pasangan dengan Dr. Jenn, ketika Adrian Torres menggunakannya untuk menggambarkan dirinya. Adrian mencintai istrinya, Carmen Carrera, yang adalah pria saat lahir, tetapi beralih menjadi wanita dan hidup sebagai wanita. Adrian bertemu Carmen dan jatuh cinta sebelum dia bertransisi menjadi wanita. Semua itu tidak mempengaruhi perasaannya terhadap Carmen.

“Orang suka memberi label pada orang lain. Banyak orang ingin menyebut Carmen sebagai transgender. Bagi saya Carmen adalah wanita 100 persen. Masalah label bukan (sifat) saya, label bukan cara saya menilai orang lain. Ada dua orang yang sedang jatuh cinta, itu yang terpenting,” kata Adrian.

Ketika ditanya apa artinya menjadi panseksual, Adrian berkata, “(Panseksualitas) adalah ketika Anda tidak memiliki preferensi dalam gender. Anda menyukai apa yang Anda sukai.”

Seseorang yang mengidentifikasi diri sebagai panseksual adalah seseorang yang memiliki kapasitas untuk membentuk ketertarikan seksual, romantisme, dan/atau hubungan emosional yang bertahan lama dengan orang-orang dari semua jenis kelamin.

Jadi, bagaimana panseksualitas berbeda dari biseksualitas? Menjadi biseksual berarti Anda tertarik pada lebih dari satu jenis kelamin, sedangkan menjadi panseksual berarti Anda tertarik pada orang tanpa memandang jenis kelamin biologis atau identitas gender.

Orang yang panseksual menggambarkan gender sebagai hal yang sama sekali tidak relevan bagi mereka. Demikian pula gagasan “biseksualitas” tidak cukup menggambarkan pengalaman mereka. Namun, baik panseksualitas maupun biseksualitas berada di bawah payung istilah biseksual+, yang juga mencakup orang-orang yang mengidentifikasi diri sebagai fluid, queer, omniseksual, dan poliseksual.

(Foto: Adrian Torres dan Carmen Carrera, sumber: marathi.tv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *